Penyebab Burung Lovebird Diare Serta Cara Mengatasinya

Diare adalah suatu kondisi yang dapat terjadi pada hewan unggas, termasuk juga burung lovebird. Penyakit diare pada burung lovebird sering terjadi dan tentu memberikan masalah bagi pemiliknya.

Ciri umum yang terjadi pada makhluk hidup ketika mengalami diare yaitu kotoran menjadi encer atau mencret. Akan tetapi ini tidak sepenuhnya benar, masih banyak tanda-tanda lain dimana burung lovebird sedang diare.

Banyak orang berpikir diare, kotoran burung yang berair, tapi itu tidak selalu benar.

Burung yang terkena penyakit diare akan terlihat gelisah serta sedikit stres. Kemudian burung cenderung lebih suka makan makanan berair dan banyak minum. Makanya Sobat Gacor harus paham betul ciri burung lovebird kesayangan sedang diare.


Penyebab Burung Lovebird Diare

Sobat gacor tentu menganggap diare ini penyakit yang sepele. Namun, apabila dibiarkan terus, diare pada Lovebird bisa berdampak kematian.
burung lovebird diare

Pasalnya burung yang diare akan lebih mudah terserang berbagai penyakit. Selain itu daya tahan dan kesehatannya juga menjadi menurun.

Penyebab Burung Lovebird Diare Serta Cara Mengatasinya

  • Disebabkan oleh virus 
  • Karena bakteri yang mengganggu pencernaan burung
  • Kemudian bisa juga akibat parasit dan jamur.



Bagaimana Mengatasi Burung Lovebird Diare

Sobat harus paham betul pada dasarnya penyebab diare bisa saja karena kesalahan merawat burung. Bagian yang paling sering menjadi pemicu ialah segi kebersihan burung dan kandang.

Kebersihan yang tidak terjaga bisa menimbulkan perkembangan virus, bakteri, parasit dan jamur.

Sobat Gacor jangan sampai lupa, burung lovebird yang diare kandangnya harus ditutupi dengan kerudung sangkar. Ini berguna untuk memulihkan kesehatan serta menjaga suhu tubuhnya.
kotoran burung diare


Beberapa Cara Untuk Mengobati Diare Pada Burung

Karantina Burung

Ketika burung-burung sudah menderita diare, supaya tidak menular ke burung lainnya maka sebaiknya di karantina atau dipisahkan.

Ini khusus bagi sobat yang memeliharanya lebih dari satu burung. Diare termasuk penyakit yang menular lewat udara, jadi hati-hati.

Sebenarnya tidak hanya untuk penyakit ini, apabila burung sedang sakit apapun itu, maka lebih baik dipisahkan dari yang sehat.
Cara Mengetahui Umur Lovebird

Menukar Kandang

Penyebab diare yang umum yaitu akibat tidak terjaga kebersihan kandang. Pada tahap ini sebaiknya burung lovebird di pindah ke kandang lain yang bersih.

Nah jika hanya memiliki satu kandang saja, sobat bisa membersihkannya dengan desinfektan. Tujuannya untuk membunuh kuman dan bakteri pada kandang.

Dengan Obat Diare

Tidak hanya manusia, burung ketika mencret atau diare juga bisa diberikan obat. Obat diare untuk burung yaitu PBAT yang bisa sobat beli di toko binatang peliharaan (pets shop). Untuk melaksanakan pengobatan pertama, rekan-rekan dapat memberikan PBAT khusus untuk pengobatan diare pada burung.

Pemberian Pakan dan Air Minum

Perawatan burung yang paling vital ialah pemberian makanan dan air minum. Ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan burung kesayangan kita.

Makanya kita harus hati-hati dan memastikan bahwa makanan dan air disediakan itu cocok untuk burung. Kemudian sobat rutin mengganti pakan dan minum burung yang sudah basi.

Kita perlu teliti karena diare bisa disebabkan oleh pakan dan air minum yang berjamur.

Keunggulan Lovebird Taiwan Vs Lokal


Ketika sudah terlihat terdapat kotoran yang menempel pada bulu di dekat anus burung maka sobat harus segara melakukan tindakan. Penyebab burung diare dan cara mengatasi seperti yang dijelaskan di atas bisa Sobat Gacor terapkan.

0 Response to "Penyebab Burung Lovebird Diare Serta Cara Mengatasinya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel