Tips Menjaga Kesehatan Burung Kenari Sebelum Lomba

Menjaga Kesehatan Burung Kenari

Permasalahan burung kenari tidak fit saat berada di arena kontes memang sering kali terjadi. Maka dari itu penting sekali menjaga kesehatan burung kenari sebelum di bawa ke arena kontes lomba kicau.

Ketika berada di arena kontes burung kenari harus memiliki stamina dan mental yang kuat. Bila tidak kenari pasti kalah karena tidak bisa bersaing dengan peserta lainnya.

Sobat Gacor perlu tahu kalau terkadang mental burung mendadak menurun ketika berada di ajang kontes kicau.

Sebabnya perawatan harian sebelum burung di bawa ke kontes itu penting. Terutama menjaga kesehatan burung kenari agar tetap prima.

Jadi sobat tidak usah berharap banyak apabila perawatan kenari yang dilakukan masih ngawur dan asal-asalan. Jangankan untuk di bawa ke kontes, burung bisa berbunyi di rumah saja sudah untung bila tidak dilatih dan dirawat.


Tips Menjaga Kesehatan Burung Kenari Sebelum Lomba

Kontes kicau merupakan perlombaan untuk menguji kualitas burung kenari. Bagi pecinta burung, kontes bertujuan untuk membuktikan hasil latihan dan perawatan yang telah mereka lakukan. Berikut bagaimana cara menjaga burung kenari agar sehat saat kontes:

Melatih Fisik Kenari

Sobat Gacor harus tahu, Panjangnya suara dan volume bunyi burung pada dasarnya dipengaruhi oleh fisik burung. Burung kontes wajib memiliki fisik yang bagus supaya suara kicaunya panjang dan lantang.
Melatih Fisik Kenari

Makanya sobat harus membentuk fisik burung agar menjadi kuat dan inilah manfaat perawatan harian.

Pada alam liar burung membentuk fisiknya dengan cara terbang bebas, jadi tidak heran kalau suara gacor burung liar jauh lebih hot.

Meski burung kenari yang kita miliki adalah burung peliharaan, kita juga bisa melatih fisiknya dengan latihan.

Sobat bisa menjemur burung kenari guna melatih nafasnya.Nah bagi sobat yang punya kandang umbaran juga bisa memanfaatkannya karena lebih bagus. Waktu menjemur burung yang bagus yaitu pada pukul 9-11 pagi.

Memberikan Makanan Berkualitas

Pemberian makanan yang berkualitas dapat menjaga kondisi burung kenari sebelum bertanding. Kemudian ketika burung kenari yang sobat pelihara tidak mau berbunyi, bisa jadi juga diakibatkan kesalahan pakan.
makanan burung kenari

Selain konsentrat, kenari juga perlu tambahan pakan lainnya. Beberapa makanan yang bisa diberikan yaitu sawi, daun selada, buah mengkudu dan telur puyuh rebus.

Kemudian sesekali kenari juga perlu diberikan mentimun untuk meningkatkan nafsu makannya. Kita harus sadar bahwa pakan merupakan bagian yang paling vital dalam merawat burung.


Berikan Vitamin atau Suplemen

Supaya hasil perawatan lebih maksimal, sobat gacor bisa memberikan vitamin dan suplemen pada burung kenari.
Vitamin atau Suplemen Kenari

Vitamin dan suplemen berkhasiat meningkatkan kualitas burung kenari. Kemudian dapat menjaga kekebalan tubuh agar burung tidak mudah sakit.

Seperti kita tahu sangat penting menjaga kondisi dan kesehatan burung agar selalu prima sebelum di bawa ke kontes.


Memandikan Burung Secara Rutin

Manfaat memandikan burung sangat banyak dan bisa meningkatkan kebugaran serta mental burung kicau. Biasanya burung peliharaan akan mandi  sendiri bila dijemur saat cuaca panas.
Memandikan Burung Kenari

Tapi, agar hasil lebih baik, sobat bisa rutin memandikan secara manual. Umumnya kita biasa menggunakan semprotan atau sprey sebagai alat mandi burung.

Burung yang belum biasa dimandikan akan lompat-lompat tidak karuan. Tapi apabila sudah biasa maka proses ini akan jauh lebih gampang.


Memberikan Tulang Sotong

Bagi Sobat Gacor yang belum tahu binatang ini, Sotong adalah hewan air yang biasa hidup di danau, sungai ataupun di laut.
Tulang Sotong Untuk Kenari

Tulang sotong sangat berguna untuk menguatkan tulang serta bulu burung kenari. Kandungan kalsium dan zat kapur tulang sotong begitu banyak.

Kemudian pemberian tulang sotong berkhasiat menetralisir asam air yang ada di dalam tubuh kenari.

Baca Juga:




Itulah beberapa cara menjaga kesehatan burung kenari sebelum di bawa ke arena kontes. Sobat gacor bisa menerapkan tips ini sebagai pola perawatan harian burung kenari.

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Burung Kenari Sebelum Lomba"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel