Rahasia Manfaat Daging Kambing Bagi Ayam Bangkok


Banyak yang bilang pemberian daging kambing dapat menambah kualitas tempur ayam bangkok aduan.

Mungkin sobat pecinta ayam sering mendengar hal ini !

Merawat ayam aduan merupakan rutinitas yang wajib dilakukan guna membentuk ayam juara. Maka dari itu pemberian makanan tambahan bisa menjadi penambah nutrisi yang baik.

Jadi dalam hal ini yang mempengaruhi kualitas ayam bukan hanya dilihat dari segi latihan, melainkan faktor pakan tambahan juga berperan penting.

Ayam bangkok juga perlu tambahan gizi seperti jamu, sayuran dan multi vitamin supaya bisa jadi juara.

Merawat ayam aduan jelas berbeda dengan jenis ayam lainnya, mungkin sobat di perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk berbagai keperluan saat merawat.

Salah satu makanan tambahan yang paling sering digunakan botoh adalah daging kambing. Bahkan cara ini sudah biasa dilakukan oleh pecinta ayam laga sejak zaman dahulu. Jadi tidak heran bila pemahaman ini bertahan dan selalu diyakini hingga saat ini.


Berbagai Manfaat Pemberian Daging Kambing Bagi Ayam Bangkok Aduan

Ayam diberikan daging? Mungkin terkesan tidak biasa. Tapi faktanya ayam aduan tidak sama dengan ayam lainnya. Bahkan banyak sekali yang menggunakan cara aneh supaya ayam jago bisa jadi juara di arena. Berikut ini manfaat daging kambing bagi ayam aduan

1. Meningkatkan stamina ayam aduan

Kebutuhan nutrisi ayam bangkok aduan harus selalu tercukupi karena nutrisi berpengaruh besar terhadap stamina ayam.

Pada pertandingan adu ayam biasanya memakan waktu yang lama. Umumnya waktu bertanding yaitu 15 menit untuk setiap babak. Coba sobat bayangkan, bagaimana jadinya kalau pertandingan sampai lima babak?. Jadi bila stamina ayam aduan lemah maka sudah pasti dia tidak akan sanggup bertanding hingga akhir.

Pemberian daging kambing bisa menjadi tambahan nutrisi yang bagus serta bisa menjadi penambah stamina ayam. Daging kambing mengandung kalori, lemak dan protein yang besar sehingga cocok untuk ayam laga.

2. Membentuk otot ayam

Saat ayam aduan memasuki fase dewasa maka harus diberi tambahan makanan yang bisa mempercepat pertumbuhan dan pengerasan otot baru.

Cara terbaik untuk membentuk otot ialah dengan memberikan pakan yang kaya protein. Pada daging kambing terkandung kalori yang tinggi dibanding daging lainnya.

Pasti sobat jarang sekali mendengar ada yang memberikan daging sapi dan daging ayam. Hal ini karena memang daging kambing yang paling sesuai bagi ayam aduan.

3. Membentuk mental ayam aduan

Secara umum mental atau keberanian ayam dipengaruhi oleh faktor keturunan. Akan tetapi mental pada ayam juga bisa dibangun dengan pola perawatan yang benar.

Permasalahan terkait mental ayam aduan kerap menjadi hambatan para pecinta ayam aduan. Sobat harus tahu, kesalahan perawatan juga bisa berdampak terhadap mental ayam.

Contohnya, ayam yang masih muda digabungkan dengan ayam dewasa, akibatnya ayam muda sering ter intimidasi sehingga mentalnya jadi lemah.

Dengan memberi daging kambing secara rutin bermanfaat untuk membentuk mental ayam aduan jadi lebih baik. Kita semua pasti berharap memiliki ayam dengan mental juara.

4. Membuat sirkulasi darah lancar

Berdasarkan ilmu kesehatan, daging kambing bisa mengatasi penyakit darah rendah atau anemia. Makanya tidak heran kalau sebagian orang yang menderita penyakit tersebut cenderung mengkonsumsi daging kambing.

Apabila peredaran darah ayam lancar maka ayam akan jadi lebih sehat dan bertenaga. Kemudian kulit ayam akan berwarna merah dan tidak pucat.

Selain itu daging kambing bisa dijadikan sebagai obat sakit kuning pada ayam. Dengan pemberian yang rutin maka perlahan-lahan sakit kuning bisa sembuh.

5. Menjaga kekebalan tubuh ayam

Zat besi yang terdapat pada daging kambing begitu bagus untuk kekebalan tubuh ayam. Apabila ayam nampak pucat dan seperti tidak bergairah, sebaiknya sobat memberikan daging kambing agar ayam lebih sehat.

Pada dasarnya penyebab ayam jadi lemas yaitu karena kurang gizi. Sobat harus tahu bahwa ayam juga perlu tambahan gizi yang seimbang.

6. Menyehatkan saraf ayam aduan

Ayam bangkok aduan yang memiliki saraf lemah mudah sekali terkena pukulan KO. Hal ini bisa menjadi kelemahan terbesar ayam jagoan kita.

Kadang belum lama ayam bertanding dan terkena pukulan telak. Hasilnya ayam langsung tumbang dan kalah.

Tahukah sobat? Pada daging kambing begitu kaya vitamin B12 berguna  menyehatkan sistem saraf pada ayam.

7. Menambah bobot ayam aduan

Ayam kurus? Postur tubuh Ayam aduan umumnya dipengaruhi oleh faktor keturunan. Akan tetapi bagaimana cara sobat merawat ayam juga bisa berdampak pada ukuran tubuh ayam.

Ayam yang kurus daya pukul yang dimiliki pasti lemah karena kekurangan otot. Lalu ayam akan mudah tumbang dan tidak kuat menerima serangan lawan.

Pemberian daging kambing bisa menjadi penambah gizi bagi ayam. Lemak hewani yang ada di dalamnya sangat bagus untuk membentuk tubuh ideal ayam.

8. Memperkuat tulang ayam aduan

Fosfor yang terdapat pada daging kambing sangat bagus untuk menguatkan tulang ayam aduan. Struktur tulang yang kuat bisa menjadi benteng pertahanan bagi ayam.

Selain itu apabila ayam melakukan pukulan maka menjadi lebih mudah dan akurat.



Pemberian daging kambing pada ayam

Sobat pecinta ayam laga bisa menganggap pemberian daging kambing ini sebagai pemenuhan nutrisi bagi ayam. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Pemberian daging kambing bisa dilakukan seminggu sekali atau paling lama 10 hari sekali. Ingat, pemberian pakan jenis daging tidak baik bila dilakukan setiap hari.

Daging kambing tidak boleh diberikan untuk anak ayam, maka khusus hanya untuk ayam aduan yang telah dewasa.

Porsi yang tepat yaitu satu potong seukuran setengah ibu jari, atau sobat bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Rekomendasi:


Kita semua pasti berharap memiliki ayam dengan kualitas bagus supaya menjadi juara di arena. Makanya proses perawatan menjadi sesuatu yang jangan dianggap remeh, itulah beberapa manfaat daging kambing bagi ayam serta cara pemberiannya.

0 Response to "Rahasia Manfaat Daging Kambing Bagi Ayam Bangkok"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel