Manfaat Pemberian Daun Sirih Bagi Ayam Aduan

Manfaat Pemberian Daun Sirih Bagi Ayam Aduan
Pemberian daun sirih pada ayam aduan memang kerap dilakukan oleh sebagian pecinta ayam laga. Selain manusia, nyatanya daun yang satu ini juga bisa berguna bagi hewan.

Apabila kita berbicara tentang manfaat daun sirih untuk ayam bangkok aduan, kemungkinan sebagian dari sobat  masih banyak yang belum mengetahuinya.

Daun sirih termasuk tanaman tradisional yang bisa dengan mudah ditemukan di sebelah rumah serta memiliki banyak manfaat.

Penggunaan daun sirih untuk ayam aduan jauh lebih aman bila dibandingkan pemakaian obat kimia. Orang tua zaman dulu biasa mengunyah daun sirih supaya gigi jadi lebih kuat dan bersih. Sebabnya pada kesempatan kali ini Sobat Gacor akan mengulas lebih rinci.

Berbagai Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Bagi Ayam Aduan

Mungkin terdengar aneh, tapi terkadang perawatan ayam aduan memang sedikit rumit. Tapi itu bukanlah masalah karena kita semua pasti ingin hasil yang bagus. beragam khasiat daun sirih diantaranya:

1. Obat Antibiotik

Daun sirih dapat digunakan sebagai anti kuman dan mikroba, terutama untuk menghilangkan kuman serta menjaga kesehatan ayam.

Contohnya pada saat sobat mengadu ayam sehingga menderita cedera, maka harus segera diobati agar lebih cepat sembuh.

Daun sirih bisa sobat pakai untuk membersihkan luka ayam agar terhindar dari infeksi. Kemudian Daun sirih juga dapat digunakan sebagai pengganti obat merah.

2. Jamu Alami Ayam Aduan

Jamu memiliki peran penting dalam perawatan ayam aduan, terutama untuk meningkatkan kualitas ayam.

Tahukah sobat ternyata daun sirih dapat digunakan sebagai jamu ayam aduan yang ampuh. Cukup dengan membuatnya menjadi makanan atau diperas sebagai minuman ayam.

Lalu sobat juga bisa mencampurkan daun sirih dengan bahan alami lainnya, seperti  kunyit dan gula merah. Jamu sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan ayam jago andalan kita sehingga tidak gampang sakit.

3. Mengatasi Penyakit Ngorok

Ngorok atau mendengkur termasuk penyakit yang menyerang bagian saluran pernapasan ayam. Ciri umum penyakit ini ialah dimana unggas akan kesulitan bernafas, dan bila bernafas mengeluarkan bunyi mendengkur.

Banyak sobat pecinta ayam aduan menganggap enteng penyakit ini, padahal bila dibiarkan bisa sangat mengancam ayam aduan.

Ada banyak sekali cara untuk mengobati penyakit ngorok pada ayam, salah satu metode yang paling efektif ialah dengan memberikan rebusan daun sirih sebagai air minum.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kondisi pencernaan yang tidak sehat bisa memicu berbagai penyakit, selain itu bisa mengganggu pertumbuhan ayam. Pasalnya bila pencernaan tidak sehat maka nutrisi dari makanan tidak akan diserap secara maksimal oleh tubuh ayam.

Daun sirih bermanfaat menyehatkan pencernaan ayam aduan, yakni membunuh pertumbuhan bakteri penyebab cacingan serta mencegah penyakit berak kapur dan berak darah.

5. Mencegah Kurap Pada Ayam

Kurap adalah penyakit kulit yang mempengaruhi ayam. Biasanya jamur penyebab kurap akan muncul dan berkembang biak akibat kondisi yang kotor.

Untuk mencegah penyakit ini sebaiknya selalu menjaga kondisi lingkungan, kandang dan kebersihan ayam.

Antisipasi kurap bisa dilakukan dengan memandikan ayam menggunakan air rebusan daun sirih. Dengan begitu bisa mencegah perkembangan bakteri pada ayam aduan.

6. Mengurangi Lemak Pada Bulu Ayam

Pada bagian bulu ayam umumnya terdapat lemak atau minyak, ini akan membuat ayam terlihat mengkilap. Tapi kondisi lemak bulu yang berlebihan tidak selalu menguntungkan kita.

Bila lemak bulu terlalu banyak maka bisa menghambat pertumbuhan ayam. Bisa saja ayam bangkok kesayangan menjadi kurus dan cebol.

Dengan memandikan ayam bangkok aduan menggunakan air daun sirih dapat meminimalkan lemak pada bulu ayam.

7. Menguatkan Nafas Ayam

Nafas pada ayam bisa diartikan sebagai stamina atau kekuatan ayam laga. Dengan kondisi nafas yang panjang maka ayam dapat bertanding lebih lama.

Berbagai cara dilakukan supaya nafas ayam jadi kuat, seperti latihan dan pola perawatan. Tapi sobat perlu tahu, pemberian daun sirih dapat menguatkan nafas ayam..

8. Cairan Membersihkan Kandang

Secara umum para peternak biasa menggunakan cairan desinfektan untuk membersihkan kandang agar terhindar dari kuman dan virus.

Tapi, di sisi lain kita bisa memanfaatkan daun sirih sebagai pengganti desinfektan karena sifatnya bisa membunuh bakteri.

Apalagi ketika ayam baru selesai mengerami telurnya, biasanya akan banyak sekali kutu di kandang. Maka dari itu sobat bisa menyemprot kandang dengan air daun sirih.

9. Menghilangkan Bau Kotoran Unggas

Memelihara hewan memang tidak terlepas dari menjaga kebersihan, jadi kita wajib menjaga kondisi kandang ayam selalu bersih dan tidak bau.

Daun sirih merupakan tanaman alami yang mempunyai aroma wangi. Makanya daun sirih bisa dipakai untuk menghilangkan bau kotoran ayam.

Rekomendasi:


Beragam manfaat daun sirih bagi ayam bangkok aduan sangat efektif dan bisa menghemat biaya. Pada dasarnya ada banyak sekali bahan tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan ayam. Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan, semoga berguna.


0 Response to "Manfaat Pemberian Daun Sirih Bagi Ayam Aduan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel