Mengungkap Manfaat Jagung Untuk Ayam Aduan

Manfaat Jagung Untuk Ayam Aduan

Jagung adalah makanan pokok bagi ayam. Namun masih banyak yang tidak tahu manfaat sebenarnya jagung bagi ayam.

Jagung bisa memenuhi gizi ayam aduan karena memang sebagai pakan utama. Nah ayam yang sudah berumur di atas 6 bulan sudah harus diberikan pakan jagung.

Kemudian ayam bangkok juga perlu pakan tambahan seperti beras merah, gabah, konsentrat dan pakan pelengkap lainnya. Dalam hal ini setiap pakan memiliki peran masing-masing dalam memberikan gizi yang seimbang bagi ayam.

Seperti yang kita tahu jagung merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat. Sangat bagus sebagai sumber energi dan membuat ayam lebih berotot.

Di indonesia jagung sangat mudah didapatkan, sobat tinggal pergi ke pasar atau membelinya langsung dari petani. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai peran jagung bagi ayam bangkok aduan.


Berikut Manfaat Jagung Untuk Ayam Aduan yang Begitu Luar Biasa

1. Sebagai Pakan Utama Ayam

Binatang peliharaan juga perlu makanan pokok dan makanan pelengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Jagung adalah makanan pokok hampir untuk semua jenis unggas.

Kemudian jagung dapat sobat buat menjadi berbagai jenis pakan seperti jagung halus, giling atau diberikan begitu saja.

Jagung sangat cocok untuk semua ayam dan tidak terlepas dari usia, jadi tinggal bagaimana cara sobat memberikannya.

2, Membentuk Tubuh Ayam Aduan

Setelah ayam masuk usia dewasa maka sebaiknya pakan diganti dengan jagung. Kenapa? Karena jagung akan membentuk postur tubuh ayam aduan jadi ideal.

Jagung sangat kaya karbohidrat, zat besi serta kalsium yang baik bagi pertumbuhan ayam jago.

Sebagai contoh, ayam dari kecil di beri kosentrat hingga dewasa, maka sudah pasti tubuhnya akan besar namun tidak berisi.

3. Menguatkan Tulang Ayam

Agar tulang ayam jadi kuat dan kokoh maka harus diberikan tambahan kalsium yang cukup. Mungkin sobat belum tahu, ternyata setiap 100 gram jagung mengandung setidaknya 5 gram kalsium yang baik untuk membentuk tulang.

Pemberian jagung bukan hanya sekedar makanan pokok saja, tapi sobat perlu tahu bahwa terdapat banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya.

4. Menambah Berat Badan Ayam

Tidak bisa dipungkiri, ada sebagian peternak yang memberikan pakan ayam berupa dedak padi guna menghemat biaya. Tapi hasilnya ayam jadi kurus dan tidak bisa besar.

Ayam aduan yang kekurangan berat badan dapat dibentuk dengan memberi pakan jagung. Khusus untuk ayam yang kurus jagung bisa jadi pilihan pakan terbaik.

5. Menguatkan Stamina Ayam

Stamina atau nafas yang ayam bangkok yang lemah akan membuatnya cepat kelelahan saat bertanding.  Makanya stamina yang kuat maka ayam dapat bertahan di arena hingga durasi panjang tanpa kelelahan sedikitpun.

Saat merawat ayam bangkok aduan pakan mempunyai peran vital dalam membentuk kualitas ayam. Jagung sangat cocok untuk meningkatkan stamina sehingga membuat kinerja jantung ayam menjadi lebih baik.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan Ayam

Serat yang terkandung pada jagung sangat baik untuk menyehatkan sistem pencernaan ayam. Jagung merupakan pakan pilihan yang paling aman dan terjamin mutunya.

Bagian yang terpenting dimana harus rutin menjemur ayam ketika sobat memberi pakan berupa jagung. Karena ayam perlu memakan pasir dan tanah yang berfungsi membantu mencerna jagung.

7. Menyehatkan Bulu Ayam

Ayam aduan akan terlihat gagah bila mempunyai bulu yang bagus, yakni mengkilap dan tidak gampang rontok. Jagung mengandung lemak dan vitamin K  yang berguna menyehatkan bulu pada ayam aduan.

Lemak nabati akan membuat bulu ayam menjadi lebih mengkilap dan nampak sehat, kemudian vitamin K akan membuat bulu ayam menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

8. Memperkuat Jaringan Ikat

Jaringan ikat terdiri dari otot, tulang rawan dan ligamen yang memiliki peran begitu penting. Pemberian jagung dapat memperkuat jaringan ikat pada ayam.

Dengan begitu pertumbuhannya akan jadi lebih cepat.

Maka dari itu, ayam tipe pukul sangat cocok diberi jagung supaya tubuhnya jadi kuat dan kokoh. Masal ayam yang diberikan pakan jagung tentu tubuhnya akan lebih keras dibandingkan dengan ayam yang diberikan nasi putih.

Rekomendasi:


Kita selalu memberikan pakan ayam dengan jagung tanpa tahu apa saja yang terkandung di dalamnya. Berbagai manfaat dan khasiat jagung untuk ayam aduan yang disebutkan di atas bisa memberi kita pengetahuan sehingga tahu bila jagung memiliki peran penting.

0 Response to "Mengungkap Manfaat Jagung Untuk Ayam Aduan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel