Memandikan Ayam Aduan Untuk Perawatan Harian

memandikan ayam bangkok aduan

Memandikan ayam bangkok aduan adalah salah satu bagian paling penting agar ayam tahan pukul sehingga menjadi juara. Selain pakan, pola perawatan yang wajib dikuasai ialah cara memandikan ayam yang baik dan benar.

Sobat perlu tahu bahwa memandikan ayam aduan terbagi menjadi dua, yakni memandikan ayam sebagai rawatan harian dan kemudian ketika sebelum dan sesudah diadu.

Maka dari itu sebagai pemilik kita wajib tahu bagaimana langkah memandikan ayam yang benar agar tidak melakukan kesalahan. Meskipun terlihat sepele, ternyata memandikan ayam tidak boleh sembarangan.

Tujuan utama memandikan ayam ialah agar ayam jadi sehat, selain itu juga untuk meningkatkan kualitas ayam bangkok aduan. Sebenarnya banyak sekali manfaat memandikan ayam diantaranya membentuk otot, menguatkan nafas, ayam jadi tahan pukul dan banyak lagi.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara rinci terkait tata cara yang bisa sobat terapkan dalam merawat ayam jago petarung.

Cara Paling Efektif Memandikan Ayam Bangkok Aduan

Tidak bisa dipungkiri bila ingin ayam kesayangan menjadi juara maka perawatan yang dilakukan harus maksimal. Dalam hal ini ayam perlu diberikan makanan yang bermutu serta rutin dimandikan setiap hari. Berikut cara memandikan ayam bangkok aduan yang wajib sobat pahami:

Umur Ayam yang Dimandikan

Kesalahan sebagian orang yang kerap terjadi ialah memandikan ayam yang usianya belum siap. Ini bisa saja karena mereka kurang sabar atau karena alasan tertentu.

Sobat perlu tahu bahwa ayam yang memerlukan perawatan adalah ayam yang telah dewasa. Jadi dalam hal ini ayam muda tidak perlu dimandikan.

Usia ideal ayam mulai dimandikan yaitu setelah umur tujuh bulan ke atas atau sudah masuk artian ayam dewasa. Kalau masih muda, bukannya bagus malah justru membuat ayam jadi cebol.

Waktu Memandikan Ayam

Kapan waktu yang tepat memandikan ayam aduan? Sebagian besar dari kita masih sering bingung dan mempersoalkan masalah ini. Ada yang bilang sebaiknya ayam dimandikan pagi hari, dan sebagian lagi lebih suka melakukannya saat malam hari.

Nah dari sini kita bisa melihat mana yang paling efektif untuk dilakukan. Memandikan ayam saat malam hari memang bagus dan tidak bermasalah, tapi ini memberikan dampak negatif bagi ayam. Biasanya bulu ayam akan jadi kusam dan ayam jadi bantat atau berukuran kecil.
cara memandikan ayam

Berdasarkan pengalaman botoh profesional, memandikan ayam yang paling baik ialah pada saat pagi hari. Ketika pukul 08.00 saat cuaca bagus akan jauh lebih menguntungkan bagi ayam. Selain itu saat pagi hari ayam dapat langsung dijemur di bawah sinar matahari pagi yang menyehatkan.

Menggunakan Air Dingin

Lazimnya memandikan ayam dapat sobat lakukan dengan memakai air dingin. Karena pada dasarnya bila menggunakan air hangat bisa merusak bulu ayam.

Jadi memandikan ayam dengan air hangat bisa sobat terapkan pada saat-saat tertentu. Misalnya setelah ayam diadu dengan alasan membersihkan luka pada ayam.

Air hangat sangat tidak cocok bila dipakai untuk perawatan harian. Sobat botoh harus memahami ini karena bisa berdampak buruk bagi ayam.

Menyiapkan Alat yang Dibutuhkan

Pada saat memandikan ayam aduan sobat perlu menyiapkan beberapa alat yang berguna. Ini akan memudahkan sobat ketika melakukannya.

Beberapa alat yang perlu disiapkan yaitu ember untuk air, spon (gabus) untuk mengusap ayam, handuk untuk mengeringkan. Kemudian jangan lupa menyiapkan bulu untuk membersihkan tenggorokan ayam.

Dengan alat yang tersedia pasti memandikan ayam akan jauh lebih gampang.

Langkah Memandikan Ayam Aduan

  • Pertama buat kondisi ayam bangkok supaya tenang agar saat dimandikan tidak lari atau takut.
  • Setelah itu ambil air dan mulai membahas ayam dengan menggunakan gabus spon terutama pada bagian leher, bawah sayap hingga bagian paha. 
  • Kemudian lanjutkan dengan mengusap punggung ayam hingga bagian ekor ayam sampai basah. 
  • Jangan lupa bersihkan bagian anus ayam supaya tidak kotor agar terhindar dari penyakit.
  • Lakukan sedikit pemijatan ketika memandikan untuk merangsang pertumbuhan otot ayam.
  • Lalu yang terakhir jangan lupa membersihkan tenggorokan ayam dengan memakai bulu supaya bersih dari lendir.


Ayam Tidak Wajib Dimandikan

Ada beberapa keadaan yang membuat ayam tidak perlu dimandikan, nah ini harus sobat garis bawahi.
  • Jangan memandikan ayam yang masih mabung atau ganti bulu.
  • Ayam yang tidak sehat sebaiknya tidak perlu dimandikan.
  • Hindari apabila cuaca sedang tidak bagus, misalnya ketika hujan.


Rekomendasi: Baca Sejarah Sabung Ayam

Itulah tata cara memandikan ayam bangkok aduan yang bisa sobat terapkan setiap hari. Jadi dalam hal ini kita tidak boleh sembarangan karena bisa berakibat buruk bagi ayam.

Untuk mendapatkan ayam dengan kualitas bagus memang perawatan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Kami akhiri pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat.


0 Response to "Memandikan Ayam Aduan Untuk Perawatan Harian"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel