Begini Cara Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif

Cara Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif

Ayam bangkok aduan yang ganas dan agresif memang menjadi idaman para penggemar sabung ayam. Pada dasarnya faktor yang paling menentukan kemenangan ayam aduan di arena ialah mental.

Fenomena ayam gagal menjadi juara memang sering terjadi dan dikarenakan beberapa hal, salah satunya akibat mental yang kurang.

Ayam aduan yang berkualitas ialah yang mampu bertarung sampai pertandingan selesai.

Keganasan ayam aduan memang dipengaruhi oleh faktor keturunan. Akan tetapi, pola perawatan juga menjadi hal yang penting.

Jadi percuma saja ayam berasal dari keturunan ayam juara kalau tidak dirawat dengan maksimal. Bahkan kesalahan dalam merawat ayam justru membuatnya jadi rusak.


Ini dia Cara Supaya Ayam Bangkok Aduan Jadi Ganas

Ayam juara bisa dibentuk sesuai dengan bagaimana cara sobat melakukan perawatan. Semakin baik maka ayam menjadi lebih berkualitas. Berikut ini beberapa tips agar ayam bangkok aduan jadi ganas dan super agresif:

1. Pakan berkualitas

pakan ayam aduan
Pakan merupakan pondasi awal dalam memelihara binatang ternak. Jadi makanan ayam harus tercukupi baik itu dari segi pemberian pakan hingga kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Sobat pasti tahu bila makanan ayam bangkok sedikit lebih bervariasi. Tidak bisa dipungkiri tujuan utama yaitu agar ayam menjadi petarung juara.

Ayam aduan dapat menjadi ganas apabila kebutuhan nutrisi pakan tercukupi. Pakan yang dapat diberikan diantaranya jagung, gabah, beras merah, dedak padi, nasi, dan makanan bergizi lainnya.

2. Makanan pelengkap

makanan penambah gizi ayam
Kenapa ayam bangkok perlu makanan pelengkap?., Alasannya karena ayam ini dipelihara untuk di bawa ke arena.

Ayam bangkok harus kuat, berotot, memiliki teknik bertarung yang handal. Jadi ayam harus ganas dan agresif ketika di arena.

Beberapa makanan pelengkap yang dapat menambah mental ayam aduan yaitu binatang hidup. Contohnya daging belut, jangkrik, anak tikus, bekicot, keong mas dan lain sebagainya.

3. Sayuran dan buah

buah dan sayuran untuk ayam
Sobat perlu tahu, manfaat sayuran dan buah sangatlah bagus untuk ayam aduan. Sebagian orang masih banyak yang belum tahu akan ini.

Gizi yang terdapat pada buah dan sayur sebenarnya sangat dibutuhkan oleh ayam bangkok aduan.

Beberapa sayur dan buah yang bisa diberikan yaitu sawi, kubis, buah tomat, mengkudu dan lain-lain.

Buah dan sayur kaya akan serat yang berfungsi menyehatkan pencernaan ayam.

4. Membuat resep jamu

jamu ayam bangkok aduan
Obat tradisional atau jamu adalah resep turun-temurun dari para botoh zaman dahulu. Pembuatan jamu biasanya menggunakan bahan berupa rempah-rempah dan tanaman alami.

Resep jamu ayam bangkok sangat beragam berdasarkan fungsinya. Misalnya saja jamu penambah stamina, penguat mental, jamu sehat dan masih banyak lagi.

Pemberian jamu secara rutin akan membuat ayam aduan jadi lebih ganas dan tentunya lebih galak ketika bertarung.

5. Memberikan doping

doping ayam bangkok
Tidak lagi menjadi rahasia bila doping bisa menguatkan stamina dan mental ayam jadi ganas. Bahkan doping bisa meningkatkan mutu ayam secara instan.

Jadi sangatlah wajar bila banyak botoh yang memberikan doping pada ayam sebelum pertandingan.

Doping ayam umumnya terbuat dari bahan kimia atau memang sengaja dibuat oleh ahli farmasi. Pemakaiannya pun harus hati-hati karena jika salah dosis akan menimbulkan efek buruk terhadap ayam.

6. Melatih ayam aduan

Melatih ayam aduan
Melatih fisik ayam jago termasuk cara yang efektif agar ayam jadi ganas. Fungsi dari latihan sangat banyak, otot ayam akan terbentuk. Serta mental dan kualitas tempur ayam akan meningkat.

Latihan ayam yang mudah dilakukan diantaranya seperti senam, latih lompat, memutar leher dan sayap ayam dan lain-lain.

Melatih fisik ayam bisa sobat terapkan setiap hari ketika pagi hari. Sebaiknya dilakukan sebelum ayam bangkok dimandikan. Ingat, latihan jangan sampai membebani ayam, jadi perhatikan durasinya.

7. Meletakkan ayam di depan jago lain

Meletakkan ayam di depan jago lain
Untuk memancing keinginan bertarung ayam bangkok sobat bisa meletakkanya di depan ayam jago lain.

Intinya harus di depan ayam yang tidak ditakuti, atau sama-sama berani. Kandang bisa dibuat berhadapan, anggap saja ayam akan saling ejek nantinya.

Dengan begitu ayam jadi semakin terpancing dan ingin cepat bertarung. Biasanya dia akan berusaha keluar kandang. Apabila sudah semakin panas, pasti ayam jadi sangat buas ketika bertarung.

8. Kliter

latihan kliter ayam bangkok
Latihan kliter ialah istilah untuk menyebut latihan ayam. Tentu ini tidaklah asing bagi sobat penggemar ayam laga.

Menempatkan seekor ayam pada kurungan kecil yang kemudian ditutup kurungan besar. Kemudian seekor ayam ditempatkan diluar kurungan.

Selanjutnya ayam akan berputar untuk mencari celah agar bisa masuk ke kurungan. Semakin ayam berlari mengelilingi maka stamina dan otot ayam cepat terbentuk.

9. Latihan bertarung

latihan abar
Ayam bangkok yang telah melalui proses perawatan rutin pasti akan segera diuji kualitasnya. Latihan bertarung memang penting sebelum ayam di bawa ke arena sabung ayam.

Latihan bertarung cukup efektif membangun mental ayam. Selain itu akan membuat ayam lebih terbiasa ketika berada di arena.

Latihan ini dapat dilakukan ketika ayam jago berada pada keadaan sehat atau fit. Kemudian sobat harus selalu memperhatikan durasi dan memilih lawan yang seimbang saat melakukan abar.

10. Arena pertempuran

gelanggang sabung ayam
Arena pertempuran atau gelanggang sabung ayam merupakan tempat terbaik untuk membuat ayam jadi ganas dan agresif.

Setelah melewati semua tahap perawatan dan ayam sudah layak, maka perlu dicoba. Biasanya ayam yang menang pengalamannya akan semakin bagus.

Semakin sering menang bisa membuat ayam jadi lebih terbiasa terhadap situasi di dalam arena.

11. Jangan dikawinkan dulu

mengawinkan ayam aduan
Wajar saja jika ayam aduan berkualitas pasti membuat pemiliknya ingin segera mengambil keturunan.

Tapi nanti dulu !., Ketika ayam berada pada performa terbaik hendaknya jangan dikawinkan.

Perkawinan dapat menurunkan kualitas bertarung ayam laga. Jadi sebaiknya tunggu usia ayam jago masuk kategori pacek.



Membuat ayam bangkok aduan menjadi ganas dan agresif memang sedikit susah. Tapi yang paling utama adalah bagaimana cara sobat memberikan perawatan.

Jadi percuma saja ayam memiliki teknik bagus bila tidak dirawat dengan baik. Itulah sedikit penjelasan dari kami, salam satu hobi...

0 Response to "Begini Cara Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel