Tips Ampuh Mengawinkan Ayam Bangkok Agar Cepat Bertelur

Tips Ampuh Mengawinkan Ayam Bangkok Agar Cepat Bertelur

Peternak ayam bangkok yang sukses dipengaruhi oleh tingkat produktivitas ternak mereka. Jika ayam bangkok cepat bertelur maka akan lebih cepat mendapatkan keuntungan.

Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki yaitu mengetahui cara yang tepat dalam mengawinkan ayam bangkok aduan agar cepat bertelur.

Persoalan ayam yang tidak mau bertelur kerap menjadi masalah yang menimbulkan kerugian besar. Jadi perkawinan adalah langkah untuk pengembangbiakan unggas ternak.

Pada umumnya ayam bangkok dapat melakukan perkawinan alami. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang menuntut peternak untuk campur tangan.

Apabila ternak ayam bangkok yang kurang produktif, jelas saja sangat merugikan. Ayam bangkok aduan begitu berbeda dengan jenis ayam lain. Maka tidak heran bila memerlukan perawatan khusus.

Selain itu harga jual ayam aduan yang bagus cukup fantastis. Tidaklah heran bila ternak ayam ini sangat baik peluangnya.


Memahami Sistem Perkawinan Pada Ayam

Dalam ilmu peternakan ada beberapa metode atau cara mengawinkan ayam, diantaranya adalah:

  • Stud Mating, merupakan sistem perkawinan dengan memakai satu ekor betina dan ayam jantan. Keunggulan sistem ini ialah dapat menghasilkan bibit unggul yang sesuai dengan keturunan ayam. Sedangkan kelemahannya ialah butuh terlalu banyak ayam jantan untuk proses perkawinan.
  • Pen Mating, merupakan sistem perkawinan memakai satu ekor ayam jantan untuk 3-5 ayam betina. Keunggulannya ialah dapat mengurangi jumlah pejantan, namun biasanya diantara ayam betina ada yang tidak produktif.
  • Flock Mating, merupakan sistem perkawinan yang jumlahnya setara antara pejantan dan ayam betina. Tapi cara ini tidak cocok untuk ayam bangkok aduan karena ayam pejantan yang terlalu banyak akan saling bertarung.
  • Inseminasi Buatan (IB), perkawinan buatan untuk hewan, tapi sistem ini tidak cocok untuk hewan unggas.



Tips Ampuh Mengawinkan Ayam Bangkok 

Tujuan dari proses perkawinan ialah untuk menghasilkan telur sehingga ayam dapat berkembangbiak. Sobat dapat memakai sistem perkawinan pen mating dan stud mating karena ini lebih cocok untuk ayam aduan. Berikut beberapa tips yang perlu sobat pahami:

Apabila sobat memilih menggunakan metode kawin stud mating atau satu banding satu. Sebaiknya proses perkawinan dilakukan pada kandang ayam berukuran 2x2 meter atau lebih.

Kemudian untuk pen mating dapat dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran atau kandang yang lebih besar. Sistem ini menggunakan lebih banyak ayam betina daripada pejantan.
mengawinkan ayam

Biasanya ayam bangkok aduan yang sudah berumur atau siap kawin akan melakukan perkawinan secara alami.

Jadi peternak tidak perlu campur tangan, nah setelah ayam berjodoh pasti akan segera bertelur.


Pembuatan Tempat Bertelur (Sarang)

Ayam betina yang telah menjalani proses perkawinan biasanya akan membuat sarang bertelur.

Sobat bisa menyiapkan sarang dari tumpukan jerami atau rumput kering. Lebih bagus bila sarang dibuat di dalam kotak yang atasnya terbuka.

Pastikan ayam tidak sembarangan bertelur, bila ini terjadi maka segera pindahkan agar ayam terbiasa bertelur di sarang.

Kemudian untuk sistem perkawinan ayam yang memakai lebih dari satu induk maka harus lebih teliti. Jangan sampai induk ayam berebut tempat bertelur karena bisa memicu tingkat stres ayam.

Sobat harus ingat kalau sarang bertelur harus pada tempat yang tenang. Kemudian mempunyai suhu dan temperatur udara yang bagus serta jauh dari gangguan hewan lain.


Cara Merawat Ayam Setelah Telur Menetas

Setelah telur ayam menetas sobat harus memberikan perawatan yang maksimal. Sebaiknya anak ayam dipisahkan dari induknya dan dimasukkan ke dalam kandang kotak.

Dalam hal ini sobat bisa membuat kotak dengan papan atau bisa juga memakai kardus. Lalu jangan lupa dipasang lampu supaya ayam tidak kedinginan dan agar bisa aktif di malam hari untuk makan.

Agar pertumbuhan anak ayam lebih cepat maka harus diberikan makanan dan minuman bergizi.

Pakan untuk anak ayam diantaranya konsentrat, dedak dan beras jagung. Kemudian berikan juga vitamin, vaksin dan air minum yang cukup.



Tahap perkawinan pada ayam bangkok aduan merupakan bagian yang paling krusial karena akan berpengaruh pada keturunannya.

Cara mengawinkan ayam yang benar  akan memberikan hasil maksimal bagi peternak. Makanya persoalan induk ayam yang tidak mau bertelur harus segera diatasi. Nah itulah sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Ampuh Mengawinkan Ayam Bangkok Agar Cepat Bertelur"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel