6 Langkah Mengatasi Induk Ayam Bangkok Susah Bertelur

Mengatasi Induk Ayam Bangkok Susah Bertelur

Persoalan induk ayam bangkok susah bertelur kerap menjadi masalah bagi sebagian peternak. Pasalnya induk atau babon menjadi penentu keberhasilan ketika menekuni usaha ternak ayam bangkok.

Selain itu, Ayam bangkok aduan berbeda dengan ayam lainnya sehingga ketika memilih induk untuk dibudidayakan tidaklah sembarangan. Induk ayam haruslah berkualitas, baik itu bentuk tubuh, teknik bertarung hingga silsilah keturunan.

Tujuan dari ternak ayam bangkok ialah supaya bisa menghasilkan keturunan yang bagus. Jadi peran induk atau babon sangatlah penting.

Umumnya ayam betina bisa digunakan sebagai babon ketika sudah berumur 7 bulan lebih. Bahkan biasanya untuk telur yang pertama kualitasnya masih kurang bagus. Makanya banyak botoh yang tidak menetaskan telur pertama dari ayam betina yang baru belajar menjadi babon.

Kerugian akibat induk tidak produktif

Induk yang tidak produktif pasti akan sangat merugikan karena tidak bisa atau begitu lambat menghasilkan keturunan. Selain itu sama hal nya bila sobat salah memilih induk sehingga hasil keturunan tidak berkualitas.

Hal ini pasti sangat merugikan karena hanya membuang waktu dan menghabiskan biaya perawatan seperti pakan.

Maka dari itu sebelum melakukan budidaya ayam bangkok sebaiknya sobat tahu ciri-ciri induk ayam yang berkualitas. Kemudian pastikan juga tingkat kesuburan telur ayam betina, jika lambat sebaiknya mengganti induk dengan ayam lain.


Penyebab Ayam Susah Bertelur Serta Cara Mengatasinya

Terkadang sebab ayam tidak mau bertelur bisa saja akibat hal sepele, tapi bisa juga karena kesalahan dari peternak itu sendiri. Berikut beberapa penyebab ayam tidak produktif:

1. Induk ayam mandul

Babon ayam bangkok mandul merupakan fenomena yang wajar dan sering sekali terjadi. Ayam yang mandul atau memang tidak mau bertelur diakibatkan karena ayam cacat sejak lahir. Namun kemandulan ini bisa diakibatkan induk ayam pernah mengalami cedera, atau memang induk ayam sudah terlalu tua.

Ayam yang mandul sangat sulit diobati, jika memang demikian sebaiknya sobat mengganti induk dengan ayam betina lainnya.

2. Induk tidak sehat

Induk ayam bangkok susah bertelur kemungkinan karena kondisi fisik yang kurang sehat atau tidak fit. Sebagai contoh ayam sedang terkena penyakit, atau kekurangan gizi sehingga setiap kali melakukan perkawinan dengan ayam jago hasilnya gagal.

Solusinya ialah sobat harus selalu memperhatikan kesehatan ayam. Pemberian makanan yang bergizi, vitamin, vaksin, sayuran dan kebutuhan lainnya. Babon yang sehat pasti cepat bertelur dan bisa dilihat dari kulit muka tidak berwarna pucat.

4. Induk ayam bangkok stres

Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami stres, faktanya hewan juga demikian. Tingkat stres yang berlebihan pada induk ayam dapat menghambat produktivitas dalam menghasilkan telur. Pada umumnya biasanya ayam stres diakibatkan kondisi yang tidak nyaman. Misal kondisi kandang dan lingkungan tidak kondusif.

Cara mengatasinya sebaiknya pastikan kondisi kandang tetap nyaman dan tenang. Bila perlu induk ayam yang terlanjur stres di isolasi pada tempat yang tenang.

5. Gangguan induk lain

Tidak sedikit peternak yang memelihara lebih dari satu ekor induk dalam satu kandang. Tentu saja ini bisa berdampak dan menyebabkan salah satu induk tidak bertelur. Biasanya babon yang usianya lebih tua akan dominan menguasai area kandang sehingga tidak ada kesempatan bagi babon muda untuk melakukan perkawinan.

Sebaiknya pindahkan induk ayam yang dominan menguasai dan mengganggu induk lainnya. Tujuannya agar tidak ada yang terintimidasi sehingga produktivitas berjalan sesuai harapan.

6. Ayam tidak jodoh

Kasus tidak jodoh tidak hanya terjadi pada burung kicau, kadang pada ayam aduan juga bisa terjadi.

Karena tidak jodoh salah satu dari ayam akan saling menjauh sehingga tidak terjadi perkawinan. Solusinya ialah dengan mengganti jago atau induk ayam bangkok dengan yang lain.


Produktivitas dari induk ketika menekuni bidang budidaya ayam bangkok menjadi sebuah keharusan. Apabila tidak, maka peternak bisa mengalami kerugian.

0 Response to "6 Langkah Mengatasi Induk Ayam Bangkok Susah Bertelur"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel