7 Jenis Burung Kutilang yang Pupuler Bersuara Bagus

macam jenis burung kutilang

Seperti yang kita tahu ada beberapa jenis burung kutilang yang banyak dipelihara. Kutilang termasuk burung yang memiliki suara unik dan bervariasi.

Akan tetapi burung kutilang tidak hanya sebatas dipelihara di rumah saja. Burung ini juga memiliki kelas kontes sehingga masuk kategori burung kicau lomba.

Pada perlombaan burung kicau selalu mengutamakan suara burung. Biasanya burung akan diadu dan diamati bunyinya.

Di sebagian tempat kutilang memiliki banyak sebutan, misal seperti cucak kutilang dan cankurileung.

Masyarakat umum yang tinggal di pulau Jawa memiliki julukan tersendiri bagi burung ini, yaitu genthilang. Kemudian nama ilmiah kutilang ialah Pycnonotus Aurigaster. Nama ini didasarkan pada ciri fisik kutilang yang termasuk burung dengan sekitar pantatnya yang warnanya jingga.

Jenis kutilang cukup bervariasi, tapi secara umum burung ini memiliki ukuran tubuh sedang. Untuk usia dewasa biasanya akan mempunyai panjang tubuh hingga 20 cm.


Mengenal Habitat Burung Kutilang

Burung kutilang memiliki habitat yang tersebar luas hingga wilayah dengan ketinggian 1.600 di atas permukaan laut. 

Secara umum kutilang biasa menetap di pinggir pegunungan dan tempat-tempat terbuka. Misal di ladang, sawah, dan area perkebunan. Maka bagi sobat yang tinggal di desa pasti mudah menemukannya.

Burung kutilang sangat mirip dengan burung trucukan. Dimana mereka hidup berkelompok dan bergerombol. Tak jarang burung ini dapat bersama dengan jenis kutilang lainnya. 

Menurut persebaran burung ini terdapat di Asia Tenggara hingga Tiongkok. Tapi tidak semua Negara di Asia Tenggara terdapat burung ini, seperti Malaysia.

Pada awalnya kutilang yang ada di Indonesia hanya tersebar di pulau jawa dan bali. Tapi saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia terdapat kutilang. 

Berbagai Jenis Burung Kutilang yang Populer

Dari sekian banyak jenis burung Kutilang ini membuatnya memiliki banyak nama. Kemudian setiap jenis burung ini tentu mempunyai ciri khas yang berbeda, baik dari fisik ataupun suara. Berikut beberapa jenis burung kutilang yang perlu sobat ketahui:

1. Burung Kutilang Emas

Burung kutilang emas
Burung kutilang emas tentu bukan spesies burung yang asing bagi para pecinta burung. Burung ini berukuran sedang dengan panjang tubuh sampai 18 cm.

Kutilang emas mempunyai warna khas hijau zaitun, terutama pada bagian atas tubuh. Sekanjutnya terdapat warna kuning emas pada bagian bawah.

Bagian paruh dan kaki kutilang emas berwarna hitam. Burung ini juga memiliki jambul yang menawan.

Sebagian orang menyebutnya dengan sebutan cucak kuning. Persebaran burung ini yaitu di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan juga Bali. Ciri Khas Kutilang Emas:

  • Burung kutilang sangat suka menetap pada suatu tempat yang terdapat banyak pohon.
  • Burung terpaksa berpindah tempat jika pada suatu wilayah mulai habis pepohonan. 
  • Selanjutnya pakan kutilang sangatlah mudah ditemukan, seperti pisang dan buahan manis lainnya.
  • Mereka hidup berkelompok dan terbang bersama, yaitu jumlahnya di atas 3 ekor.
  • Suara burung kutilang emas banyak disukai, makanya tak heran bisa dijadikan burung peliharaan maupun burung kontes.

2. Burung Kutilang Sutra

Burung Kutilang Sutra
Kemudian jenis kutilang yang cukup populer dan paling dicari yaitu burung kutilang sutra. Bagi penggemar burung kutilang, jenis sutra ini termasuk yang menjadi perbincangan karena punya sedikit kelebihan dibandingkan jenis lainnya.

Habitat kutilang sutra secara umum adalah daerah dataran tinggi, hutan, bukit dan tempat penuh pepohonan.

Kutilang sutra sudah tersebar di pulau Sumatra, Kalimantan hingga pulau Jawa. Mereka juga hidup bergerombol dan membentuk kelompok.  Biasanya setiap kelompok memiliki pemimpin dengan keunggulan suara paling menonjol.

Berbeda dengan jenis lainnya, Kutilang sutra memiliki mental yang bagus. Di alam liar mereka suka bertarung dengan burung lain.


3. Burung Kutilang Zebra

Burung Kutilang Zebra
Sesuai dengan namanya pasti sobat sudah bisa membayangkan. Jenis burung kutilang zebra memiliki corak warna yang hampir sama dengan hewan zebra.  

Kutilang zebra memiliki nama lain yang dikenal dengan cucak bersisik. Burung yang satu ini berasal dari keluarga burung cucak yang umumnya memakan serangga. Tapi tidak hanya itu saja, burung ini juga memakan buah-buahan kecil. 

Suara kicau burung kutilang zebra cukup bervariasi dan memiliki banyak celotehan, tapi yang menjadi ciri khas adalah suara bunyi yang selalu terdengar riang dan gembira.

Biasanya warna yang mirip zebra pada burung ini hanya ada di bagian leher hingga dada, dan itu pun akan mencolok bila burung berkelamin pejantan. Untuk betina warna corak hanya terlihat samar sehingga tidak terlalu jelas.

Burung ini memiliki masa tenggang umur yang sama dengan jenis kutilang lainnya, yaitu antara 3-15 tahun.

4. Burung Kutilang Wilis

Burung Kutilang Wilis
Dari sekian banyak macam burung kutilang, jenis wilis termasuk paling mempunyai corak warna indah. Sangat cocok untuk dipelihara di rumah bagi sobat yang gemar burung kutilang.

Tapi yang menjadi persoalan ialah populasi burung kutilang wilis semakin hari selalu berkurang sehingga terancam punah. Makanya tidak heran bila burung ini sangat dilindungi.

Saat ini habitat burung ini sulit sekali ditemukan, kalaupun ada pasti pada daerah perbukitan yang jauh dari tempat tinggal manusia. 

Untuk kasus burung yang hampir punah seperti ini maka seharusnya semua orang harus berusaha menjaga dan melestarikannya.

5. Burung Kutilang Jawa

Burung Kutilang Jawa
Dari namanya tentu kita tahu kalau habitat burung kutilang ini adalah di Pulau Jawa. Burung ini memiliki ciri khas tubuh kecil dan indah serta suaranya yang merdu.

Burung ini memiliki warna abu-abu pada bagian punggung dan kepala berwarna hitam. Pada bagian dada berwarna abu-abu agak kecokelatan. Ini menjadi ciri khas tersendiri bagi burung mungil ini.

Dibandingkan dengan jenis kutilang lain, burung yang berasal dari jawa ini lebih mudah dipelihara. Selain itu sangat cepat beradaptasi pada lingkungan dan cepat jinak.

6. Burung Kutilang Jambul

Burung Kutilang Jambul
Burung ini adalah yang berasal dari negara Thailand dengan ciri-ciri unik yaitu terdapat jambul berwarna hitam pada kepala.

Dengan warna bulu putih pada bagian dada dengan warna merah pada bawah tenggorokan burung ini. Spesies kutilang dari Thailand ini terkadang juga ditemukan di sekitar hutan pulau sumatera.

Meskipun burung ini adalah salah satu kutilang, tapi banyak dari kita yang tidak mengetahuinya malah menyebutnya dengan burung merban.

7. Burung Kutilang Trucukan

burung kutilang terucukan
Kutilang trukuan adalah kutilang biasa yang sangat mudah ditemukan di area pemukiman penduduk. Saat ini habitat burung ini masih mudah untuk ditemukan. 

Harga untuk kutilang jenis trucukan cukup terjangkau karena masih banyak dijual di pasar.

Suara burung ini tidak terlalu buruk, jenis ini cocok sekali untuk sekedar hobi memelihara burung. Nah apabila rajin dilatih, kutilang biasa ini bisa memiliki suara kicau yang bervariasi dan bagus.

Secara umum jenis burung kutilang di dasarkan pada kelas burung cucak yang memiliki spesies yang sangat banyak. Beberapa jenis di atas adalah yang paling populer dan banyak dipelihara oleh penggemar burung tanah air.


LihatTutupKomentar
Cancel