99 % Benar, Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

membedakan kenari jantan dan betina

Tentu saja sebagai penggemar burung kicau sebaiknya bisa membedakan burung kenari jantan dan betina. Terutama pada saat ingin membeli atau memilih burung kenari bakalan.

Sobat harus paham akan pengaruh jenis kelamin burung terhadap suaranya. Makanya jangan sembarangan pilih burung.

Bagi penggiat burung kontes, biasanya lebih cenderung menggunakan kenari jantan untuk perlombaan. Tapi jika sobat ingin memulai usaha budidaya kenari maka harus pula memperhatikan kualitas betina.

Mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan betina memang harus jeli dan teliti. Memang bila dilihat sekilas tidak terdapat perbedaan. Pasalnya masih banyak sekali penggemar burung pemula yang belum bisa membedakan ciri-ciri kelamin burung.


Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Mengenali dan membedakan kenari jantan dan betina dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu pada saat burung masih mudah dan telah dewasa. Kali ini Sobat Gacor akan memberikan ulasan secara rinci dan lengkap., Oke, langsung saja lanjutkan membaca sampai akhir.

Perbedaan Kelamin Kenari Usia Muda

Ilmu terkait mengetahui jenis kelamin burung yang masih mudah wajib dimiliki oleh peternak dan penjual burung. Peternak adalah orang yang memelihara burung dari mulai menetas sampai besar, jadi wajib sekali tahu. Berikut cara mengetahui kelamin anak kenari:
  • Biasanya burung kenari yang usianya sudah 30 hari lebih mempunyai pembuluh vena atau yang dikenal dengan saluran kelamin jantan. Ini langkah paling mudah untuk membedakannya karena pada burung betina tidak memiliki pembuluh vena.
  • Selanjutnya bisa dibedakan lewat ciri fisik, anak kenari dengan kelamin jantan biasa memiliki ukuran tubuh besar dan panjang. Ini sangat terlihat pada fase burung sedang diloloh oleh sang induk.
  • Dari warna bulu, perbedaan kenari jantan lebih mempunyai warna bulu cerah dan mencolok dibandingkan betina.
  • Lalu kepala burung jantan terlihat lebih pipih sedangkan betina terkesan menonjol dengan bentuk bulat.
  • Pada saat dipisahkan dari induk biasanya anak kenari kelamin jantan lebih sering berbunyi, atau mulai berlatih untuk gacor.
  • Sobat juga bisa melihat bagian anus burung, kalau kelaminnya jantan akan nampak kloaka lebih menonjol dibanding betina.
    kelamin anak kenari

Perbedaan Kelamin Kenari Usia Dewasa

Nah ini bagi sobat yang ingin membeli burung bakalan makan harus bisa membedakan burung kenari dewasa. Berikut beberapa poin penting yang perlu diamati supaya tidak salah:
  • Pertama sobat bisa langsung melihat ciri fisik burung. Umumnya burung kenari jantan memiliki tubuh ramping dan lebih panjang dan betina agak terlihat bulat. 
  • Lalu amati juga bagian mata, posisi mata burung kenari jantan sejajar dengan paruh. Sedangkan betina posisinya lebih berada di atas paruh.
  • Kemudian langsung dengarkan suara kicau burung, bila lebih sering berbunyi, ngeroll dan gacor maka bisa jadi kelaminnya pejantan.
  • Sobat juga dapat melihat bagian anus, bila kloaka lebih terlihat jelas maka burung itu mempunyai kelamin jantan. Sedangkan untuk betina lebih terlihat datar.
  • Pejantan umumnya memiliki bentuk kepala pipih dan betina berbentuk bulat.
    Perbedaan Kelamin Kenari Usia Dewasa

Perbedaan Kelamin Kenari Lewat Kebiasaan

Bagi sobat yang masih bingung terkait perbedaan kenari jantan dan betina maka dapat menggunakan cara terakhir ini. Dimana dengan melihat kebiasaan dari burung itu sendiri.
  • Pertama sobat ambil burung dan coba untuk digenggam di tangan.
  • Lalu tutup seluruh tubuh dengan menggunakan kedua tangan dan biarkan ekor berada di luar.
  • Jika kelamin burung adalah pejantan biasanya ekor akan menghadap ke bawah, dan sebaliknya akan menghadap ke atas jika burung tersebut betina.
  • Cara ini terbukti ampuh dan sangat sederhana. Jadi tidak heran banyak orang yang lebih suka memakai metode mudah ini.
    perbedaan burung kenari jantan dan betina

Nah apakah sobat masih kurang paham? Itulah pembahasan lengkap dari kami mengenai cara membedakan burung kenari jantan dan betina. Memang setiap orang pasti punya cara yang berbeda, semoga tulisan ini bermanfaat dan salam damai.

LihatTutupKomentar
Cancel