Ini Dia Ciri Telur Lovebird Tidak Menetas [Zonk]

Ciri Telur Lovebird Tidak Menetas

Permasalahan telur lovebird tidak menetas memang menjadi kendala dalam hal budidaya, tentu saja sangat merugikan. Perawatan burung ini memang membutuhkan kesabaran dan keuletan pemiliknya, jika tidak maka sulit sekali berkembangbiak.


Lovebird adalah salah satu dari spesies burung kicau yang begitu populer dan banyak dipelihara dan dibudidayakan. Burung ini kerap dipelihara di rumah sebagai peliharaan, namun tak jarang justru dijadikan sebagai burung kontes.


Penyebab telur burung lovebird tidak mau menetas disebabkan oleh berbagai faktor, jadi sebagai peternak sobat harus tahu itu. Kemudian setelah itu bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.


Berikut ini Ciri Telur Lovebird Tidak Menetas

Tidak bisa dipungkiri bila peluang budidaya lovebird sangat menggiurkan dan memiliki prospek yang bagus. Tapi tidak jarang pula yang gagal dan sama sekali tidak mendapat keuntungan, salah satunya akibat produktivitas ternak. Berikut ini ciri telur lovebird yang tidak menetas yang wajib sobat ketahui:

1. Lewat Masa Pengeraman

Masa pengeraman telur bisa jadi patokan pertama untuk mengamati jadi atau tidaknya telur burung. Setiap spesies burung pasti memiliki kurun waktu tertentu sebelum menetas.


Secara umum burung lovebird akan menetas dan selesai dierami sekitar 25 hari. Nah apabila lebih dari itu kemungkinan besar telur tidak menetas alias zonk. Apalagi jika sudah lewat satu minggu, maka sudah dipastikan telur tersebut gagal total.

Keunggulan Lovebird Taiwan VS Lokal


2. Telur Burung Kosong

Meskipun awalnya telur burung normal, tapi bisa saja ketika gagal menetas menjadi kosong dan terasa ringan. Biasanya kasus ini karena terjadi kerusakan di dalam telur, misal kuning telur tercampur dengan yang putih.

Hal ini kemungkinan disebabkan faktor induk, kemudian bisa juga terjadi kesalahan ketika proses pengeraman berlangsung.


3. Kuning Telur Buyar

Sebagian peternak menyebutnya telur kopyor, yakni dimana bila di terawang dengan cahaya tidak terdapat kuning telur di dalamnya. Bila normal sudah pasti terdapat bayangan saat dilihat menggunakan cahaya.

telur burung lovebird busuk

Telur burung yang buyar bisa dibilang berhenti berkembang. Nah apabila sobat mengalami hal ini sebaiknya segera buang telur yang buyar itu. Jika tidak maka induk burung tidak akan beranjak dari sarannya dan induk tetap mengeram. 


4. Telur Burung Retak

Telur burung yang retak jarang sekali menetas karena sudah cacat dari awal. Tapi jika tidak terlalu parah, kemungkinan masih bisa berhasil. Misal hanya bagian luar saja yang retak dan pada lapisan dalam telur tetap utuh.


Pastikan saat burung mulai bertelur harus dijaga dengan hati-hati, apalagi pada saat sobat mengangkat dan memindahkan sangkar. Pasalnya telur burung lovebird sangat mudah pecah.


5. Telur Tertimbun Induk

Tidak bisa dipungkiri kalau kebanyakan induk burung tidak pandai ketika mengerami telur. Salah satunya yaitu menimbun telurnya sehingga akhirnya tidak menetas.

telur lovebird gagal menetas

Biasanya ini kerap terjadi pada induk yang baru pertama bertelur. Maka dari itu, jika untuk budidaya sebaiknya pilih induk lovebird yang bagus dan berkualitas.


6. Induk Kanibal

Tidak hanya pada burung, beberapa unggas memiliki sifat kanibal dan suka memakan telur. Tentu saja keadaan tidak wajar ini sangat merugikan peternak. Apalagi bila telur dimakan saat pertengahan proses mengerami.


Induk burung yang memakan telurnya sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya karena mengalami stres, kelaparan, dan bahkan memang karena faktor keturunan. 


7. Telur Burung Busuk

Ciri telur burung lovebird tidak menetas yaitu karena busuk. Dimana kondisi telur gagal berkembang namun tetap dierami oleh induk dan hasilnya busuk.


Bau telur bisa dirasakan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Nah bila sobat mengalami ini sebaiknya segera buang telur tersebut agar induk cepat move on.


8. Telur Berwarna Pucat

Pada fase pertengahan sobat perlu mengamati warna telur burung yang dierami. Jika didapati ada telur yang berwarna pucat maka bisa jadi tanda-tanda tidak akan menetas.


Telur yang pucat atau terlihat membiru menunjukkan pertumbuhan janin pada telur tidak tumbuh dengan baik. Bila dibiarkan lama-lama akan membusuk dan menghambat telur yang lain.

Cara Mengetahui Umur Lovebird [99% Akurat]


Telur burung lovebird tidak mau menetas memang menjadi kendala ketika budidaya. Makanya peternak wajib tahu ciri dan penyebabnya supaya bisa segera mengambil tindakan. Itulah sedikit pembahasan dari kami, semoga bermanfaat.


0 Response to " Ini Dia Ciri Telur Lovebird Tidak Menetas [Zonk]"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel