Ciri Ayam Aduan Birma Asli dan Original F1

Ciri Ayam Aduan Birma Asli dan Original F1 Berkulaitas

Banyak dari kita yang belum mengetahui ciri dan karakteristik dari ayam aduan birma asli. Seperti yang kita tahu saat ini ayam birma begitu populer sehingga banyak disukai oleh penggemar sabung ayam. Jenis ayam aduan yang satu ini memang memiliki banyak keunggulan, terutama dari segi kelincahan dan kecepatan pukulan.

Ayam aduan birma atau pama ini berasal dari negeri tanah emas yaitu Negara Myanmar. Birma merupakan ras ayam lokal di negara tersebut yang cukup bagus digunakan sebagai ayam laga. Bahkan ayam aduan birma sudah sering menjuarai sabung ayam di Thailand, jadi bisa dibilang ayam ini mampu menandingi ayam bangkok.

Namun di Indonesia tidaklah mudah untuk menemukan ayam birma asli F1, bahkan kebanyakan hanya hasil dari perkawinan silang dari ayam birma. Maka dari itu jika ingin membeli ayam birma original kita bisa memesan langsung dari luar atau impor.

 

Ciri-ciri Ayam Aduan Birma Asli F1 yang Wajib Anda Ketahui

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ayam aduan birma ori atau asli memang sulit dijumpai. Bahkan sebagian hanyalah hasil persilangan ras burma dengan ayam aduan lain. Makanya untuk referensi, di bawah ini beberapa ciri serta karakter ayam aduan birma yang asli:

 

1. Bertubuh Kecil

ukuran ayam birmaAyam birma menjadi salah satu jenis ayam aduan yang mempunyai tubuh kecil, yaitu tidak lebih dari 3 kilo. Akan tetapi, walaupun bertubuh kecil ayam yang satu ini mempunyai banyak kelebihan. Kemudian teknik bertarung yang apik sehingga banyak disegani oleh penggemar sabung ayam.

 

2. Kepala Ayam Birma

kepala ayam aduan birmaPada dasarnya ras ayam birma atau pama merupakan ayam lokal negara myanmar. Jadi wajar saja jika ukuran dan bentuknya berbeda dengan jenis ayam aduan lainnya. Bagian fisik yang paling berbeda dari ayam ini yaitu pada ukuran kepala ayam yang sedikit lebih kecil dengan ciri khas jengger tegak.

 

3. Struktur Tulang

kaki ayam birmaCiri ayam aduan birma asli bisa dikenali dengan melihat struktur tulang pada ayam. Ayam birma memiliki bentuk tulangan yang kecil dan sangat jelas terlihat pada bagian kaki yang sama persis dengan ayam kampung. Jadi sebagian ayam birma yang biasa kita jumpai memiliki ukuran sama dengan ayam bangkok. Bisa jadi itu adalah hasil perkawinan silang antara ayam birma dengan bangkok atau ayam lainnya.

 

4. Teknik Bertarung

teknik bertarung ayam birmaAyam birma adalah ayam laga yang berukuran kecil, walaupun demikian ternyata dia cukup unggul dari segi teknik bertarung. Maka tidaklah heran bila mampu mengalahkan ayam bangkok dan ayam aduan lainnya. Bahkan ayam birma sudah beberapa kali menjuarai sabung ayam di Thailand.

 

5. Lincah dan Agresif

pukulan ayam burmaPerbedaan yang paling menonjol ialah ayam birma asli memiliki pola bermain yang lincah dan agresif. Mampu memberikan pukulan beruntun sehingga dapat mengalahkan lawan dengan cepat. Di Negara asalnya ayam ini dijuluki sebagai penumpas setan karena sangat agresif ketika di arena gelanggang.

Baca: Begini Cara Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif

 

6. Memukul Tanpa Mematuk

ayam aduan pama burmaKebanyakan ayam aduan harus mematuk lawan dulu sebelum dia melakukan pukulan. Namun ayam birma bisa memukul tanpa mematuk, ini menjadi ciri khas dan keunggulan tersendiri dari ayam ini. Jadi wajar saja jika ras ayam pama menjadi senjata andalan yang bisa digunakan untuk melawan ayam aduan bangkok.

Baca juga: Begini Rahasia Melatih Ayam Bangkok Pukul Saraf

 

Sekarang ini kepopuleran ayam aduan birma semakin disukai oleh para pecinta ayam laga. Bahkan mereka tidak segan untuk impor langsung dari luar negeri demi memperoleh ayam birma asli yang berkualitas. Nah tentu setelah membaca tulisan di atas sobat bisa mengambil kesimpulan bahwa sebagian besar ayam birma yang ada di indonesia merupakan hasil persilangan. Kami akhiri pembahasan kali ini, salam jago nusantara…

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *