Ciri Ayam Bangkok yang Memiliki Pukulan Mematikan

Begini Ciri Ayam Bangkok yang Memiliki Pukulan Mematikan

Para penggemar ayam laga pasti selalu berharap bisa memiliki ayam bangkok aduan dengan pukulan yang mematikan. Dengan begitu dapat memberikan serangan berbahaya bagi lawan sehingga ayam dapat dengan cepat memenangkan pertandingan. Sekarang ini beragam jenis ayam aduan sudah banyak sekali, mulai dari ayam bangkok,birma, saigon, pakhoy dan ras ayam aduan hasil persilangan.

Sebagai pecinta ayam laga kita harus bisa menilai kualitas bertarung ayam aduan. Hal ini sangat penting agar dapat menghasilkan bibit ayam jago yang berkualitas super. Bagi sobat yang sudah berpengalaman tentu tidak akan sulit menilai ciri fisik ayam yang bagus, namun untuk seorang pemula pasti akan sedikit bingung.

Sebelum itu sobat harus tahu cara untuk menilai kualitas ayam dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan mengamati ciri fisik ayam, atau biasa disebut dengan ilmu katuranggan. Kemudian yang kedua dengan cara mengamati gaya bertarung ayam secara langsung.

Ciri Ayam Bangkok yang Memiliki Pukulan Mematikan

Kali ini kita akan sedikit mengulas bagaimana cara mengetahui ciri fisik ayam yang bermutu. Sengat penting sekali mengamati tubuh ayam mulai dari kepala, bentuk tubuh, kaki, hingga bentuk sisik ayam bangkok.

1. Kepala Seperti Buah Pinang

Bentuk kepala pada ayam memang cukup bervariasi, ada yang bulat, lonjong, besar dan kecil. Para penghobi ayam sangat tertarik dengan kepala ayam yang berbentuk buah pinang. Pasalnya bentuk kepala seperti ini dipercaya memiliki banyak sekali kelebihan.

Ayam yang mempunyai kepala seperti buah pinang sangat aktif dengan gaya bertarung tipe pukul dan ayam tipe jalu. Selain itu dari segi penampilan ayam jauh lebih terlihat gagah perkasa dan memiliki wibawa bertarung.

2. Mata Ayam Cekung

Ciri ayam bangkok yang punya pukulan super juga bisa dilihat dari bentuk mata ayam. Bentuk mata ayam cekung ke dalam sehingga sangat efektif dalam pertempuran.

Mata ayam yang cekung tidak gampang terkena jalu musuh. Kejadian ayam bangkok buta akibat sayatan jalu memang biasa terjadi. Namun pada dasarnya memilih ciri mata ayam yang baik dapat mengurangi resiko tersebut.

3. Pelipis Menonjol Keluar

Percaya atau tidak jika ada mitos yang mengatakan jika ayam yang pelipis menjulang keluar adalah ayam yang ganas dan brutal. Terlepas dari hal itu, kalau menurut penulis pribadi sih ayam akan lebih terlihat berwibawa jika pelipisnya menonjol keluar.

4. Pipi Ayam Menonjol

Secara umum saat ayam bertarung dia akan melakukan pukulan dari bagian bawah ke atas. Jadi saat menerima pukulan lawan lebih dominan dari arah bawah.

Maka dari itu ayam dengan bentuk pipi yang menonjol keluar pasti dapat melindungi mata dari serangan lawan. Biasanya ayam yang terbiasa bertanding bentuk kulit pipi ayam akan perlahan menonjol.

5. Paruh Melengkung

Ayam bangkok aduan harus memiliki paruh yang kuat dan tidak mudah patah. Sering kali saat berlaga paruh ayam patah dan hasilnya ayam tidak dapat mematuk dan memukul.

Paruh ayam yang bagus ialah berbentuk melengkung dan tidak terlalu panjang. Paruh yang terlalu panjang memiliki tingkat resiko kerusakan lebih tinggi.

6. Leher Tebal dan Rapat

Ciri ayam yang bagus dapat diamati dari bentuk leher. Ayam harus memiliki leher tebal dan rapat, lebih bagus mempunyai susunan otot yang bagus.

Kemudian yang paling penting sambungan leher dengan kepala ayam harus rapat. Sobat bisa mengetahuinya dengan cara memegang antara kepala dan leher ayam.

Baca: Cara Menguatkan Leher Ayam Aduan

7. Bahu Tegap dan Kuat

Bahu adalah bagian tubuh ayam yang lebih dominan terkena serangan lawan. Maka dari itu bahu ayam aduan harus tegap dan kuat. Ini termasuk bagian paling berpengaruh pada saat ayam bertanding, jika bahu lemah tentu lama kelamaan ayam akan kalah.

Ketika menilai ayam sebaiknya menggunakan ayam aduan yang memiliki bahu tegap. Karena sudah pasti akurasi pukulan dan kontrol yang dimiliki ayam cukup bagus.

8. Dada Lebar

Dada ayam yang lebar atau bidang dapat sobat jadikan referensi untuk memilih ayam tahan pukul. Sama saja dengan bahu, bagian dada juga menjadi titik sasaran serangan lawan.

9. Badan Panjang

Sobat perlu tahu ada dua macam bentuk badan pada ayam, yaitu bronggal dan bulat. Nah ciri ayam bangkok yang memiliki pukulan mematikan yaitu dimana badannya panjang.
Cara paling gampang untuk mengetahuinya yaitu dengan memegang bagian badan secara melingkar.

10. Sayap Panjang

Sayap ayam menjadi landasan bagi pukulan ayam aduan, semakin kuat ayam mengepahkan sayap maka pukulannya pun akan sangat kuat. Sobat harus memilih ayam yang punya sayap panjang dan rapat.
Selain itu sayap ayam yang panjang diyakini lebih mempunyai stamina dan ketahanan tubuh yang bagus pada saat bertarung.

11. Bentuk Paha Ayam Proporsional

Para penggemar sabung ayam lebih mengedepankan memilih ayam dengan paha pipih. Atau bila dilihat sekilas mirip dengan paha belalang. Ayam yang seperti ini lebih lincah dan agresif pada pertempuran.
Kemudian ayam bangkok pukulan mematikan memiliki bentuk paha lebih panjang dibandingkan kaki bagian bawah. Sudah pasti pukulan ayam sangat keras dan kuat.

12. Bulu Ekor Panjang

Sudah bukan rahasia lagi bila bulu ekor pada ayam sangat berperan penting terhadap stamina yang dimiliki oleh ayam laga. Bulu ekor ayam jago yang pancang sangat disukai pecinta ayam aduan.
Sebagian botoh menganggap ayam aduan ekor panjang dan lebat Mempunyai serangan mematikan dan stamina yang baik.

13. Tulang Sampit Udang Rapat

Cara mengetahui bentuk tulang sampit udang pada ayam yaitu dengan memegang bagian pangkal ekor dan menyentuh bagian bawah anus ayam.
Nah apabila jarak tulang sampit udang rapat maka ayam mempunyai gaya bertarung dan nafas yang bagus.

14. Minyak-minyak Tidak Cabang

Mungkin di sejumlah daerah minyak-minyak pada ayam memiliki nama yang beragam. Banyak mitos yang mengatakan bahwa minyak-minyak ayam sangat menentukan mental ayam aduan.
Cara mengetahuinya yaitu dengan mengangkat bulu di atas bulu ekor ayam, bagian ini biasanya berbentuk tunggal dan kadang ada pula yang bercabang.

15. Katuranggan Ayam Aduan

Tentu saja katuranggan pada ayam aduan tetap diyakini hingga saat ini. Ada banyak sekali jenis katuranggan pada ayam jago, mulai dari bentuk sisik kaki hingga ciri fisik lainnya.
Ayam yang mempunyai keistimewaan katuranggan pasti memiliki pukulan keras dan mematikan. Makanya tidak heran bila ayam dengan ciri tersebut sangat dicari oleh penggemar ayam aduan.
Bagi seorang pecinta ayam kita wajib tahu ciri ayam yang memiliki pukulan mematikan. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui bagus tidaknya ayam. Selain itu ayam yang bagus harus diberikan perawatan dan latihan yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *