Ciri Ayam Siap Adu

Ketahui Ciri Ayam Siap Adu, Agar Tak Terkalahkan

Sebagian besar pemilik ayam banyak yang tidak tahu ciri-ciri ayam siap adu. Bahkan banyak pula yang membawa ayam aduan yang belum siap ke arena untuk bertarung. Hasilnya justru mengecewakan, kadang ayam malah kalah dan jika menang biasanya mengalami cedera yang parah.

Membawa ayam ke arena bukanlah perkara yang sepele, maka sobat harus ingat itu. Pada dasarnya kunci kemenangan ayam terletak pada kesiapan ayam itu sendiri. Jadi percuma saja punya ayam yang bagus namun di bawa ke gelanggang ketika dia belum matang.

Maka dari itu, sebagai penggemar ayam aduan kita wajib mengetahui ciri ayam siap adu. Memang untuk menyiapkan ayam bangkok aduan butuh proses, mulai dari perawatan, latihan, pemberian jamu dan masih banyak lagi.

 

Berikut Ciri Ayam yang Sudah Siap Adu

Pasti kita semua berharap memperoleh kemenangan ketika membawa ayam ke gelanggang sabung ayam. Tapi kita juga harus ingat kapan waktu yang tepat dengan melihat kesiapan ayam kita. Ciri ayam bangkok siap adu diantaranya yaitu:

 

1. Warna Kulit Merah

Warna kulit ayam menjadi pertanda kesehatan ayam aduan. Warna kulit ayam yang sehat dan benar-benar fit biasanya akan berwarna merah tua. Jadi jika ayam sobat masih terlihat pucat berarti dia belum siap bertarung. Maka dari itu perlu disiapkan terlebih dahulu dengan perawatan dan latihan.

 

2. Bulu Mengkilap

Kondisi pada bulu ayam juga bisa dijadikan alat ukur untuk mengetahui bahwa ayam sudah siap di adu. Bulu ayam yang mengkilap bisa menjadi pertanda ayam sudah siap berlaga. Kemudian perhatikan juga apakah masih ada bulu mabung pada ayam. Pasalnya ayam yang mabung tidak bagus di adu.

 

3. Ayam Lebih Agresif

Ayam jago yang ganas dan agresif menjadi bukti nyata bila ayam tersebut telah siap bertarung. Biasanya ayam yang dikeluarkan dari kandang akan menghajar ayam lainnya untuk menunjukkan bahwa mentalnya sudah bangkit. Jadi ayam yang siap adu menjadi lebih cepat emosi kepada ayam lain.

 

4. Nafas Ayam

Sebelum ayam di bawa ke arena sebaiknya kita coba untuk latihan abar dengan ayam lain. Tujuannya untuk mengetahui kondisi stamina ayam. Jika nafas ayam sudah panjang dan tidak mudah lelah maka dia telah siap, namun sebaliknya jika cepat lelah maka wajib dilatih kembali.

 

5. Teknik Ayam Aduan

Bagian yang tak kalah penting yang wajib dimiliki oleh ayam juara ialah teknik bertarung. Secara umum semua botoh memelihara ayam yang masih muda untuk dilatih kemampuannya, terutama teknik. Setiap ayam jago pasti punya teknik tersendiri, jadi yang bisa kita lakukan hanya melatih ayam supaya teknik yang dimiliki jadi lebih tajam.

 

6. Libido Ayam Meningkat

Selain ayam jago terlihat ganas dan agresif, sobat bisa mengetahui ciri ayam yang sudah siap adu lewat nafsu birahinya. Secara umum ayam jago yang fit libidonya akan meningkat sehingga lebih aktif mencari betina kandang. Tapi sebaiknya untuk ayam yang masih dipakai jangan sampai melakukan perkawinan.

 

7. Durasi Bertanding

Sebenarnya durasi waktu bertanding termasuk ke dalam stamina ayam, namun kembali lagi untuk mengingatkan teman-teman. Nafas menjadi bagian paling vital, jadi harus benar-benar jadi. Jika tidak ayam akan kewalahan saat bertarung untuk waktu yang lama.

 

Kekalahan dalam mengadu ayam memang hal yang wajar, namun kita pun harus bisa belajar dari pengalaman. Tentu kita semua tidak mau terus mengalami kekalahan, jadi untuk itu kita wajib mengetahui ciri ayam bangkok yang siap adu.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *