Ciri Kepala Ayam Bangkok Aduan Juara

Bentuk dan Ciri Kepala Ayam Bangkok Aduan Juara

Banyak yang bertanya bagaimana ciri kepala ayam yang bagus. Katuranggan pada ayam bangkok aduan memang  menjadi sesuatu yang fenomenal bagi penggemar ayam laga. Katuranggan merupakan ciri fisik khusus yang dimiliki oleh ayam bangkok.

Diyakini bahwa ayam yang punya ciri unik mempunyai kemampuan yang baik dalam bertarung. Jadi tidak heran bila ilmu katuranggan selalu digunakan untuk mengetahui kualitas ayam.

Terdapat berbagai jenis katuranggan yang dipercaya memiliki kelebihan, diantaranya katuranggan sisik kaki ayam, warna bulu, jengger dan juga bentuk kepala. Kepala adalah bagian paling vital pada ayam, makanya penting sekali sobat mengamati bentuk kepala yang bagus saat memilih ayam bangkok aduan.

Bagi sobat yang masih awam, tentu akan menganggap bahwa bentuk kepala ayam semuanya sama. Sobat perlu tahu, pada kepala ayam terdapat beberapa bagian yang tentu memiliki perbedaan, misal bentuk paruh, mata, telinga dan bagian lainnya.

Maka dari itu sobat harus paham ciri-ciri dan bentuk kepala ayam bangkok aduan yang bagus dan berkualitas.

 

Bentuk dan Ciri Kepala Ayam Bangkok Aduan Berkualitas Juara

Mengamati katuranggan bentuk kepala memang lebih sulit dibandingkan memahami katuranggan kaki ayam. Nah berikut beberapa ciri kepala ayam aduan yang bagus:
  • Langkah awal untuk mengetahui ciri kepala ayam yang bagus ialah dengan menyentuh dan menekannya ke bawah. Biasanya ayam bangkok yang memberontak bila ditekan kepalanya memiliki gaya bertarung tipe kontrol atau main atas.
  • Selanjutnya perhatikan kepala ayam, nah bentuk kepala ayam jago sangat bervariasi mulai dari yang pipih, lonjong, agak bulat. Ayam yang bagus memiliki kepala berbentuk buah pinang.
  • Kepala ayam berbentuk buah pinang biasanya memiliki teknik yang bagus, serangan lebih efektif dan hebat dalam bertahan.
  • Kepala ayam mempunyai ukuran sedang, artinya tidak besar dan tidak terlalu kecil. Ayam yang bentuk kepalanya besar gerakannya lambat dan memiliki pukulan kuat, kemudian ayam kepala kecil memiliki gerakan lincah, tapi itulah letak kelemahan ayam. Makanya lebih baik memilih yang ukurannya sedang.
  • Selanjutnya lihat kulit kepala, ayam yang berkualitas mempunyai kulit yang tebal dan berwarna merah tua.
  • Pada kepala ayam terdapat jengger yang memiliki karisma. Sebaiknya jengger ayam tidak besar dan tidak pula terlalu kecil. Kebanyakan botoh menyukai bentuk jengger seperti belangkon.
  • Memiliki telinga berukuran pendek atau kecil. Telinga bisa menunjukkan kecepatan gerakan ayam bangkok aduan.
  • Terdapat paruh yang kuat dan tebal sehingga tidak mudah patah ketika bertanding.
  • Warna paruh ayam sama dengan warna sisik kaki. Atau dengan kata lain mempunyai warna nyambung atau tembus.
  • Kemudian ciri kepala ayam bangkok yang bagus ialah pada bagian sambungan tulang kepala dan leher tidak nampak.
Katuranggan kepala ayam harus diperhitungkan, memang menilai ciri fisik ayam sudah menjadi bagian penting yang harus dipahami oleh pecinta ayam laga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *