penggunaan barbel pada ayam

Dampak Negatif Penggunaan Barbel Pada Ayam Aduan

Melatih ayam dengan memakai pemberat kaki seperti barbel memang kerap dilakukan oleh sebagian orang. Penggunaan barbel pada ayam aduan memang bisa meningkatkan kekuatan serta akurasi pukulan ayam.

Barbel adalah salah satu alat latihan yang bisa dipakai untuk ayam bangkok aduan.

Akan tetapi di sisi lain pemakaian barbel bisa berdampak negatif bagi ayam kesayangan kita. Apalagi bila sobat tidak paham cara penggunaannya sehingga asal-asalan pakai saja.

Alat bantu latihan memang terkadang dibutuhkan, tapi sebelum itu sobat wajib tahu apa saja fungsi dan dampak buruknya. Kesalahan merawat ayam umum terjadi, namun lebih baik jika kita bisa menghindarinya.

Pasti kita semua ingin ayam andalan yang dipelihara memiliki kualitas bagus dan bisa menjadi juara.

 

Beberapa Dampak Negatif Penggunaan Barbel Pada Ayam Aduan

Mungkin barbel menjadi salah satu alat bantu yang cukup berguna sehingga dijadikan rahasia melatih pukulan ayam. Bila semua itu dilakukan sesuai cara pemakaian pasti hasilnya akan baik. Tapi bagaimana jika tidak sesuai? Justru ayam bisa saja malah cedera. Berikut dampak penggunaan barbel pada ayam:

1. Melemahkan Kaki Ayam

Pemakaian barbel memang bisa menguatkan kaki ayam, tapi kadang semua itu tidak sesuai harapan. Sebaliknya, bila pemakaian yang dilakukan salah bisa jadi berakibat lebih buruk bagi ayam aduan.

 

2. Menghambat Pertumbuhan Ayam

Banyak sekali dari rekan pecinta ayam laga yang tidak sabar sehingga menerapkan latihan pada ayam muda. Padahal ayam aduan sebaiknya dilatih ketika sudah memasuki usia dewasa. Penggunaan barbel pada ayam yang masih muda bisa menghambat pertumbuhannya dan bisa-bisa ayam jadi cebol atau bantat.

 

3. Sangat Beresiko Saat Latihan

Barbel sangat berbahaya jika dipakai saat latihan tanding. Ini sering dilakukan oleh botoh pemula yang menganggap bisa menguatkan pukulan ayam jika dilatih adu dan menggunakan barbel. Makanya ini salah besar, justru kemungkinan ayam cedera jauh lebih besar.

 

4. Menyebabkan Ayam Lumpuh

Kasus paling tragis akibat penggunaan barbel yang tidak sesuai bisa menyebabkan ayam lumpuh total. Karena efek pemberat kaki yang terlalu berlebihan malah membuat kaki ayam cedera.

 

Tips Menggunakan Barbel Pada Ayam Aduan

Menurut saya penggunaan alat bantu untuk melatih ayam merupakan hal yang wajar. Karena memang untuk meningkatkan kualitas ayam aduan kita perlu menerapkan pola perawatan yang tidak biasa. Namun semua itu harus sesuai batasannya, berikut beberapa tips penggunaan barbel:

  • Penggunaan Barbel bisa diterapkan bila sobat sudah paham bagaimana cara memakainya.
  • Sobat harus paham jenis latihan apa saja yang memerlukan barbel serta durasi waktu yang tepat.
  • Barbel hanya digunakan untuk latihan seperti senam, bila selesai sebaiknya segera pemberat kaki dilepas.
  • Pemakaian barbel hanya untuk ayam dewasa, sebaiknya jangan lakukan pada ayam yang masih muda.

Manfaat Nasi Putih Bagi Ayam Bangkok Aduan Andalan

 

Pada dasarnya penggunaan barbel pada ayam aduan memiliki keuntungan dan dampak negatif. Jadi semua itu tergantung bagaimana cara sobat menggunakannya. Bisa pemakaian sesuai, bukan tidak mungkin ayam jagoan kita bisa mempunyai pukulan maut sehingga menjadi juara.

Nah bagi sobat yang masih bingung terkait penggunaan barbel pada ayam maka harus lebih hati-hati. Semoga penjelasan singkat di atas bisa memberikan jawaban yang membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *