manfaat daging bekicot bagi ayam

Manfaat Daging Bekicot Untuk Ayam Jago Aduan

Manfaat bekicot bagi ayam – Bekicot adalah hewan bercangkang yang kerap dianggap menjijikkan oleh sebagian orang. Umumnya para petani mengganggap binatang ini sebagai hama perusak tanaman. Meski demikian, nyatanya bekicot bermanfaat sebagai makanan unggas ternak.

Tahukah anda ternyata bekicot terbukti memiliki banyak manfaat untuk ayam bangkok aduan. Daging bekicot mengandung beragam nutrisi yang sangat bagus bila diberikan pada ayam. Diantaranya ialah kaya protein, zat besi, kalsium serta mengandung banyak vitamin.

Agar hasil budaya peternakan meningkat sebagian peternak menggunakan bekicot sebagai alternatif pakan tambahan, yakni peternak bebek, itik dan ayam.

Walaupun hewan ini begitu menjijikkan, kita sebaiknya sadar akan khasiat bekicot yang luar biasa. Selain itu daging bekicot juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit manusia. Tapi pada kesempatan ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai manfaat daging bekicot untung ayam bangkok aduan.

 

Khasiat dan Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan

Pemberian daging atau binatang hidup pada ayam aduan merupakan sesuatu yang biasa dilakukan oleh pecinta ayam laga. Dengan metode ini bisa meningkatkan kualitas bertarung ayam menjadi lebih baik, selain itu dapat menjadi tambahan gizi yang bagus bagi ayam. Berbagai khasiat daging bekicot untuk ayam yang wajib anda tahu:

1. Membuat Ayam Cepat Besar

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daging bekicot kaya akan gizi terutama protein yang berguna mempercepat pertumbuhan ayam. Pada setiap 100 gram daging bekicot mengandung 12%protein yang baik untuk tubuh. Nah bila sobat rutin memberikan bekicot pada ayam maka bisa mencapai ukuran yang maksimal, atau paling tidak hingga ukuran ideal.

 

2. Memperlancar Peredaran Darah Pada Ayam

Selain mempercepat pertumbuhan, protein juga berperan aktif untuk melancarkan peredaran darah. Bila ayam kesayangan sobat memiliki kulit pucat, bisa saja itu karena sirkulasi darah ayam tidak stabil. Pemberian daging bekicot sangat dianjurkan.

 

3. Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Kunci kemenangan ayam di arena adalah memiliki stamina yang bagus. Diantara semua pecinta ayam laga, stamina biasa disebut dengan nafas ayam. Jadi jika nafas ayam pendek maka akan cepat lelah dan ngos-ngosan saat bertarung. Makanya pemberian daging bekicot sangat efektif untuk meningkatkan nafas ayam jadi lebih kuat.

 

4. Mengeringkan Luka Ayam

Ayam terluka atau cedera sudah menjadi hal yang biasa bagi pecinta adu ayam. Tapi meski begitu, pengobatan adalah bagian penting yang tidak boleh dilupakan. Jangan sampai kita mengadu ayam kemudian setelah itu tidak memberikan perawatan. Nah dengan memberi bekicot pada ayam bangkok bisa membuat luka ayam jadi cepat kering dan sembuh.

 

5. Ayam Jadi Lebih Kebal Penyakit

Banyak yang belum tahu, pada daging bekicot terdapat kandungan vitamin B yang besar yang berguna menguatkan kekebalan ayam. Biasanya saat musim hujan ayam jadi gampang sakit dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Selain itu bekicot dapat meningkatkan nafsu makan ayam.

 

6. Menguatkan Bulu Ayam

Masalah bulu rontok pada ayam kerap terjadi, baik itu secara alami maupun akibat pertarungan. Cara mengatasi bulu ayam yang rontok sobat bisa memberinya daging bekicot secara rutin. Bekicot kaya akan asam amino yang bagus untuk kesehatan bulu ayam aduan. Selain itu dapat membuat bulu jadi mengkilap serta mempercepat proses ganti bulu.

 

7. Mencegah Penyakit Kurap

Sebagian orang yang terkena penyakit gatal sering menggunakan bekicot  sebagai obat gatal. Terbukti kandungan lendir yang terdapat pada bekicot bisa membunuh pertumbuhan bakteri penyebab penyakit gatal atau kurap pada ayam bangkok aduan.

Baca:Manfaat Pemberian Daging Kambing Bagi Ayam Bangkok

 

Manfaat dan khasiat daging bekicot telah dibuktikan oleh para peternak unggas seperti, bebek, ayam petelur dan ayam bangkok. Bekicot bisa dijadikan tambahan makanan yang bagus dan bersifat alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *