manfaat jahe bagi ayam

Manfaat Ampuh Jahe Bagi Ayam Bangkok Aduan

Terdapat beragam manfaat serta khasiat jahe bagi ayam bangkok aduan. Pemberian jahe mungkin sering dilakukan para pecinta ayam laga, baik itu untuk jamu ayam.

Tanaman jahe termasuk tumbuhan tradisional yang khas dari Indonesia atau yang sering kita kenal dengan rempah-rempah. Tanah negeri ini memang subur dan cocok untuk budidaya rempah-rempah, makanya tidak heran saat zaman kolonial dulu Indonesia menjadi daerah yang begitu istimewa.

Ada dua macam jahe, yakni jahe merah dan jahe putih dan masing-masing memiliki keunggulan.

Secara umum kita biasa menggunakan jahe sebagai bahan dasar pembuatan jamu buat ayam aduan. Memang Kandungan nutrisi pada jahe sangat berkhasiat menambah kualitas ayam Bangkok aduan.

Tentu apabila dibandingkan obat-obatan kimia, memakai bahan alami akan jauh lebih aman dan terhindar dari efek samping.

Seperti yang kita ketahui kalau tanaman herbal mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada jahe:

 

Kandungan Nutrisi Jahe

Biasanya kita hanya memberikan jahe kepada ayam tanpa tahu apa saja yang terkandung di dalamnya. Berikut beberapa nutrisi yang ada pada tanaman jahe yang perlu sobat tahu:

Tanaman jahe mengandung sampai 4% minyak atsiri serta mengandung oleoresin. Kemudian di dalam minyak atsiri, ada beberapa unsur alami diantaranya seperti linalool, methyl heptenone, borneol, cineol, citral, chavicol, geraniol, zingiberene, dan acetates.

Dalam dunia farmasi berbagai unsur tersebut digunakan untuk membuat berbagai obat. Secara umum setiap jahe mengandung minyak atisiri, akan tetapi isi kandungannya memiliki perbedaan.

Selain itu pada jahe terdapat unsur lainnya seperti kalori, karbohidrat, air, protein, serat, lemak, zat besi dan beragam multi vitamin lain.

 

Manfaat Luar Biasa Jahe Bagi Ayam Aduan

Berbagai tanaman tradisional umumnya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Berikut beberapa manfaat jahe bagi ayam bangkok aduan:

1. Jamu Penambah Stamina Ayam

Banyak sekali dari kita yang masih bingung ketika membuat jamu untuk ayam aduan. Sebenarnya kita bisa menggunakan bahan-bahan diantaranya jahe.

Dalam hal ini jahe dapat diberikan langsung kepada ayam, atau bisa juga dibuat dengan dikombinasikan dengan bahan lain. Umumnya kita bisa membuat racikan jamu ayam dengan jahe, kuning telur, gula merah, kunyit.

Ramuan dari jahe sangat bagus untuk memperpanjang nafas atau stamina ayam aduan. Tentu sobat ingin saat bertanding ayam jagoan bisa bertahan lama di dalam arena.

 

2. Menyembuhkan Luka Ayam

Aktivitas ketika mengadu ayam tidak jarang menyebabkan ayam kesayangan kita mengalami luka dan cedera. Sebagai seorang peternak kita wajib mengobati luka pada ayam.

Pemberian jahe sangat efektif untuk menyembuhkan luka pada ayam. Baik itu luka dalam maupun luka yang terdapat pada bagian luar tubuh ayam.

Caranya cukup mudah, jahe bisa di parut kemudian di minumkan kepada ayam, lalu bisa juga dipotong dan diberikan langsung untuk ayam. Langkah ini akan mempercepat penyembuhan ayam aduan.

 

3. Obat Radang Ayam

Penyakit radang bisa menjadi bahaya yang sangat mengancam. Hal ini bisa saja disebabkan karena beberapa faktor seperti luka pada bagian tenggorokan atau akibat bakteri yang menginfeksi.

Ayam aduan yang sakit radang akan nampak lesu dan tidak nafsu makan. Apabila hal ini dibiarkan maka ayam akan kurus dan kasus paling burung bisa mati.

Kandungan minyak atsiri pada jahe berfungsi sebagai anti-inflarmatori sehingga berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit akibat peradangan.

 

4. Menjaga Pencernaan Ayam

Sistem pencernaan yang terganggu dapat berakibat negatif bagi pertumbuhan ayam aduan. Ayam menjadi tidak nafsu makan, bahkan nutrisi makanan tidak bisa terserap secara optimal.

Ayam bangkok aduan yang rutin diberikan jahe pencernaannya akan terjaga sehingga tetap sehat. Lalu menghambat perkembangan bakteri jahat pada usus sehingga ayam tidak mudah sakit.

 

5. Menurunkan Berat Badan Ayam

Masalah kegemukan pada ayam biasanya terjadi ketika ayam baru berganti pakan dari voer ke pakan lainnya. Pada masa ini berat badan harus segara diatasi supaya bisa menjadi otot.

Cara terbaik untuk menjaga berat badan ayam supaya ideal ialah dengan rutin memberinya jahe. Selain itu jahe berfungsi merangsang pertumbuhan dan pengerasan otot ayam bangkok jadi lebih cepat.

 

6. Ayam Jadi Produktif

Produktifitas ayam aduan menjadi kunci kesuksesan seorang peternak. Bayangkan, jika produksi menurun tentu hasil ternak akan menurun drastis dan merugi.

Agar ayam jadi produktif sobat bisa menggunakan cara alami yakni dengan memberikan jahe. Pada beberapa studi penelitian jahe dapat menambah hormon testosteron yang baik untuk menunjang produktivitas hewan ternak.

 

Cara Pemberian Jahe Pada Ayam Aduan

Dari tadi kita hanya membahas manfaat dari jahe bagi ayam, bagi sobat yang masih bingung, berikut cara pemberiannya:

  • Jahe dibuat ramuan dengan tambahan bahan lainnya seperti kuning telur, gula merah, madu dan bahan lain-lain.
  • Jahe bisa dipotong dan diberikan langsung kepada ayam.
  • Jahe bisa di parut kemudian diperas dan digunakan sebagai air minum ayam.
  • Kemudian untuk dosis pemberian bisa disesuaikan dengan umur ayam.

Baca: Manfaat Amoxicillin untuk Kesehatan Ayam Aduan

Penggunaan bahan alami jauh lebih aman dan efeknya tidak berbahaya bagi ayam. Nah itulah beragam manfaat jahe bagi ayam bangkok aduan serta cara pemberiannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *