Melatih Ayam Bangkok Pukul Saraf

Begini Rahasia Melatih Ayam Bangkok Pukul Saraf

Cara melatih ayam bangkok pukul saraf memang tidak gampang, pasalnya tidak mudah membentuk seekor ayam juara. Jadi ayam wajib memiliki kemampuan yang hebat dalam bertarung.

Ayam bangkok aduan ketika sudah berusia 7 bulan ke atas maka perlu diberikan latihan. Tujuannya supaya kualitas ayam jadi lebih baik sehingga bisa menang.

Melatih ayam sebaiknya dilakukan sejak usia ayam masih muda, karena saat sudah tua akan sedikit lebih sulit. Kemudian beberapa aspek penting yang harus dimiliki oleh ayam bangkok aduan yaitu pukulan saraf, nafas ayam (stamina), mental dan teknik bertarung.

Jika beberapa poin tersebut terpenuhi maka ayam sudah bisa dikatakan bermutu. Makanya dalam memelihara ayam bangkok tidak terlepas dari perawatan dan latihan. Kali ini kita akan membahas secara rinci terkait bagaimana cara melatih ayam bangkok yang baik dan benar.

 

Cara Melatih Ayam Bangkok Pukul Saraf

Sejatinya ayam bangkok yang bagus ialah yang memiliki pukul saraf mematikan sehingga tidak butuh waktu lama untuk mengalahkan lawannya. Berikut ini beberapa pola latihan yang bisa sobat terapkan untuk membangkitkan pukulan saraf ayam bangkok:

1. Melatih Fisik Ayam

Latihan fisik ayam termasuk yang paling dasar, yakni bermanfaat membentuk otot ayam. Apalagi untuk ayam yang masih muda. Beberapa pola latihan ringan yang tidak membebani ayam tentu bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya seperti senam leher, sayap, serta peregangan pada otot ayam.

 

2. Melatih Ayam Berenang

Cara ini adalah yang terbaik untuk melatih nafas ayam bangkok aduan supaya tidak mudah lelah. Jadi semakin panjang nafas ayam maka dia dapat bertanding untuk durasi waktu yang lama. Selain itu latihan renang juga sangat efektif untuk mengeraskan otot ayam.

 

3. Melatih dengan Ayam Untulan

Para penggemar sabung ayam biasa menyebut ayam yang dijadikan alat untuk melatih ayam andalan dengan sebutan untulan. Bukannya tidak berkualitas, biasanya ayam untulan adalah ayam jago yang tekniknya kurang bagus untuk dibawa ke arena, atau memang ayam yang sudah pernah kalah. Dengan menggunakan untulan maka sobat bisa melatih ayam supaya lebih terbiasa dalam pertarungan.

 

4. Latihan Kliter

Mungkin istilah kliter masih terdengar asing bagi sobat yang masih pemula. Latihan ini yaitu dimana kita melatih ayam menggunakan dua kurungan ganda yang di dalamnya di isi dengan ayam untulan. Jadi ayam yang berada di luar akan berusaha mencari celah untuk bertarung, namun karena tidak bisa maka dia akan berlari memutari kurungan tersebut.

 

5. Melatih Ayam Menggunakan Ayunan

Cara melatih ayam yang satu ini memang sedikit unik, tapi tahukah sobat ternyata cara ini bagus sekali untuk membuat ayam jadi lebih seimbang. Selain itu akurasi pukulan ayam jauh lebih tepat sasaran ke arah saraf musuh. Pertama sediakan kayu kemudian digantung dengan tali, selanjutnya tinggal sobat letakkan ayam di kayu tersebut dan mulai mengayun.

 

6. Bertanding di Atas Pasir

Arena pasir berperan untuk melambatkan gerakan ayam saat bertarung, dengan begitu ayam akan kesulitan saat memukul maupun bergerak. Tapi jangan khawatir, justru dengan cara ini akan membuat ayam bangkok jauh lebih lincah dan agresif saat di arena biasa.

 

7. Melatih Ayam Dengan Barbel

Latihan dengan pemberat kaki atau barbel adalah cara terbaru untuk membentuk otot pada ayam bangkok. Sekarang ini sudah ada barbel ayam, jadi sobat bisa memanfaatkannya untuk latihan agar pukulan ayam jadi dahsyat. Namun saat memakai barbel sobat harus hati-hati karena kalau salah penerapan bisa berdampak bagi ayam.

 

8. Melatih Lompatan Ayam

Dengan latihan ini kita bisa membentuk otot kaki dan sayap ayam bangkok. Membiasakan ayam untuk latihan lompat memang tidak mudah, jadi sobat harus sabar ketika mengajarkan ayam. Cara yang paling mudah yaitu dilatih saat malam hari, sobat bisa menggunakan drum yang memiliki tinggi sekitar 1 meter. Kemudian masukan ayam ke dalamnya, secara alami ayam akan berusaha melompat untuk keluar. Atau bisa juga dengan membuat kotak khusus untuk latihan lompatan ayam.

 

9. Melatih Bertanding

Melatih ayam bangkok bertanding biasanya menjadi tahap terakhir untuk menilai kualitas ayam aduan. Cara ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, yakni tidak menggunakan ayam untulan melainkan ayam yang memiliki kemampuan seimbang. Cara ini sangat efektif untuk melatih mental ayam bangkok selain itu juga membuatnya terbiasa dalam pertarungan. Tapi pastikan sobat memperhatikan durasi latihan sesuai kesanggupan ayam.

Baca: 8 Cara Jitu Memperkuat Leher Ayam Supaya Tahan Pukul

 

Meskipun pukulan KO pada ayam sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan, namun kita bisa juga melatih ayam bangkok sehingga mempunyai pukul saraf yang mematikan. Jadi intinya bagaimana pola perawatan yang kita lakukan setiap hari. Tentu akan percuma kita memiliki ayam yang bagus namun tidak dirawat dan dilatih dengan baik.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *