ayam belum berani bertarung

Cara Efektif Mengatasi Ayam Aduan Belum Berani Bertarung

Permasalahan ayam bangkok aduan tidak atau belum berani bertarung memang sering kita alami. Hal ini tentu membuat semangat kita dalam merawat ayam menjadi menurun.

Biasanya di dalam kandang terdapat berbagai karakter ayam, ada yang mentalnya bagus dan ada pula yang lemah. Ini sangat wajar karena adanya perbedaan usia ayam dalam satu kandang yang menyebabkan perkembangan mental ayam jadi lambat.

Keberanian bertarung bisa kita lihat sejak ayam masih muda, biasanya akan menunjukkan tanda-tanda keberaniannya.  Tapi ada beberapa kasus dimana ayam yang sudah memasuki usia dewasa tapi tetap tidak berani bertarung.

Seperti yang kita tahu bahwa mental atau keberanian adalah senjata utama untuk ayam jadi juara di arena. Jadi ayam yang mentalnya lemah bisa dibilang kualitasnya tidak bagus dan perlu penanganan khusus.

 

Faktor Penyebab Mental Ayam Aduan Lemah

Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan penyebab kenapa ayam belum berani bertarung, diantaranya yaitu:

Faktor Keturunan

Keturunan ialah genetika dari ayam yang diwariskan dari induk. Biasanya induk ayam yang mempunyai mental juara akan menurun ke anak-anaknya.

Sebabnya sebelum memilih induk ayam sebaiknya amati kualitas mental yang dimiliki. Biasanya yang paling dominan mempengaruhi mental ayam adalah sang induk.

Kalah Dengan Ayam Dewasa

Tidak jarang para peternak menempatkan beberapa ekor ayam pada satu kandang, yakni mencampur ayam dewasa dengan ayam yang masih muda.

Secara tidak langsung hal ini akan berdampak terhadap keberanian bertarung ayam muda. Hasilnya ayam muda jadi lemah mental karena sering terintimidasi oleh ayam dewasa.

Makanya penempatan kandang pribadi akan jauh lebih efektif untuk membangun mental ayam aduan.

Lingkungan Kurang Nyaman

Ini sangat jelas, kondisi lingkungan yang buruk bisa menyebabkan ayam tidak nyaman sehingga tingkat stres ayam akan meningkat. Jadi bukan tidak mungkin bila ayam jadi lemah dan tidak memiliki keinginan untuk bertarung.

Sebagai contoh yakni bila kandang ayam berada di dekat keramaian seperti pasar, atau dekat dengan pabrik yang selalu mengeluarkan suara berisik.

Akibat Ayam Trauma

Tidak sedikit ayam jadi lemah mental karena pernah mengalami trauma. Misalnya saja ketika kecil anak ayam pernah diserang oleh hewan lain seperti anjing atau kerbau.

Maka dari itu, saat usia dini memang keberanian ayam tidak stabil dan kita harus lebih hati-hati.

 

Cara Mengatasi Ayam Bangkok Aduan yang Belum Berani Bertarung

Untuk mengatasi mental ayam aduan memang tidak mudah, bahkan membutuhkan proses yang sangat panjang. Makanya sobat harus lebih bersabar dan yakin kalau ayam mempunyai kualitas bagus. Berikut cara mengatasi ayam yang belum berani bertarung atau lemah mental:

1. Melakukan Isolasi

Isolasi biasanya diterapkan untuk ayam yang terjangkit penyakit menular supaya tidak menyebar dengan cara dipisahkan. Tapi metode ini juga bisa digunakan untuk mengobati mental ayam yang rusak.

Dengan dipisahkan ayam akan merasa lebih tenang dan tidak terganggu dari ayam lainnya. Nah bagi ayam aduan yang belum juga berkokok, dengan cara ini pasti akan jadi lebih cepat berkokok.

Seiring berjalannya waktu keberanian ayam pasti akan muncul, sobat bisa melihat dan membandingkan kebiasaan ayam sebelum dan sesudah dilakukan isolasi.

2. Karantina Jangka Panjang

Karantina jangka panjang dapat diterapkan apabila mental ayam sudah benar-benar hancur dan sulit diperbaiki. Ini sering terjadi pada ayam yang kecil nyali atau yang pernah kalah saat bertarung.
Biasanya ayam sudah tidak memiliki keinginan untuk bertarung, bahkan dengan ayam betina saja takut.

Pada kandang karantina ayam harus dipisahkan dari ayam lainnya tanpa ada gangguan sedikitpun sampai pulih seutuhnya. Nah kalau kandang isolasi biasanya hanya perlu waktu satu sampai dua minggu ayam akan sembuh. Akan tetapi untuk proses karantina bisa memakan waktu berbulan-bulan.

3. Memberikan Jamu

Manfaat pemberian jamu selain menyehatkan ayam ternyata berguna untuk meningkatkan mental ayam agar berani bertarung. Jadi sobat bisa mengatasi ayam yang belum berani bertarung dengan cara rutin diberikan jamu.

Pasti sobat sudah tahu bagaimana cara membuat jamu, nah bagi yang masih bingung maka bisa menggunakan alternatif. Misal membuat racikan jamu dari kuning telur dan madu.

Pemberian jamu pada ayam bisa membuat ayam menjadi ganas dan agresif sehingga mental ayam yang lemah dapat cepat terbangun.

4. Berikan Makanan Bergizi

Meskipun tidak terlalu berpengaruh, pemberian makanan yang kaya akan gizi sangat diwajibkan. Ayam aduan membutuhkan tambahan gizi seimbang yang berpengaruh terhadap kekuatan dan mentalnya.

Jadi sebagai seorang peternak sobat harus tahu jenis pakan yang sesuai dan cocok bagi ayam.

Ini Dia, Pakan Bermutu Ayam Bangkok Aduan Sesuai Usia

5. Berikan Binatang Hidup

Pakan binatang hidup mempunyai beragam khasiat bagi ayam bangkok aduan. Sudah sejak dulu terdapat berbagai jenis binatang yang berguna meningkatkan mutu ayam.

Beberapa yang bisa sobat berikan diantaranya yaitu anak tikus, jangkrik, daging belut, daging bekicot dan masih banyak lagi. Tapi sebelum itu sobat harus tahu berapa dosis yang diperlukan supaya tidak berdampak buruk bagi ayam.

Manfaat Daging Bekicot Untuk Ayam Jago Aduan

Untuk mengatasi ayam bangkok aduan yang tidak berani bertarung atau lemah mental memang tidak gampang. Butuh kesabaran serta ketekunan agar ayam bisa kembali normal.

Selanjutnya sobat harus tahu apa saja yang kemungkinan membuat mental ayam jadi rusak supaya tidak terulang kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *