murai batu medan

Murai Batu Medan | Ciri, Keunikan dan Kelebihannya

Burung murai batu memang menjadi burung kicau yang memiliki kelas lomba paling bergengsi. Kemudian harga burung ini sangat luar biasa, hingga mencapai puluhan juta untuk kelas burung juara. Murai batu mempunyai ciri khas warna bulu hitam serta kombinasi warna putih. Selain itu burung ini punya bentuk ekor panjang yang indah.

Murai batu jantan mempunyai ukuran tubuh lebih besar dan panjang dibandingkan betina. Kemudian kualitas suaranya pun jauh lebih bagus dan memiliki variasi sehingga lebih cocok sebagai burung lomba. Jadi sebagai penggemar burung murai kita perlu tahu ciri serta karakteristik burung ini, apalagi bila anda ingin membelinya.

 

Ciri Burung Murai Medan Asli

Ada banyak sekali jenis burung murai batu, salah satu yang paling populer diantaranya yaitu murai batu medan. Burung satu ini banyak disukai oleh pecinta burung karena mempunyai ciri khas kicau yang indah. Berdasarkan habitatnya, Murai batu medan tersebar di daerah kepulauan Sumatera, Malaysia, hingga beberapa daerah di pulau Jawa.

Ciri burung murai batu Medan yang asli dapat dipahami dari bentuk fisik, corak warna dan perilakunya. Bagi pengamat burung tentu tidak sulit mengetahui ciri burung yang satu ini. Bila dilihat sekilas memang perbedaan murai medan dengan jenis lainnya tidak jauh berbeda, namun jangan salah ternyata memiliki perbedaan secara spesifik.

 

Berikut Ciri dan karakter Murai Medan Asli

Murai batu medan memiliki ciri unik yang menjadi pembeda dengan jenis lainnya. Berikut ini ciri serta karakteristik burung ini secara rinci:

  • Umumnya burung murai batu medan asli punya polar dengan warna putih.
  • Memiliki ekor panjang antara 25-35 cm.
  • Pola ekor berwarna putih strip hitam yang berjumlah empat pasang.
  • Warna bulu hitam mengkilap, apalagi saat terkena cahaya.
  • Ukuran tubuh lebih besar sehingga terlihat gagah.
  • Terdapat warna merah gelap pada bagian kaki dengan bentuk sisik belimbing.

 

Murai batu Medan ekor panjang dan Pendek

Burung murai batu medan memiliki bentuk ekor panjang, namun beberapa diantara juga memiliki ekor yang pendek. Pada umumnya ekor memiliki panjang 20 hingga 25 cm berbentuk melengkung. Kemudian warnanya mengkilap, bila terkena sinar matahari warna terlihat seperti agak biru.

Kemudian untuk yang ekornya panjang tidak jauh berbeda, ekor ini biasanya dipengaruhi oleh keturunan. Lalu bisa saja burung ekor pendek ini mengalami masalah pertumbuhan ekor.

 

Tips Perawatan Murai Batu Supaya Rajin Berbunyi

Tujuan utama memelihara burung kicau ialah untuk dinikmati suaranya, selain itu bisa juga untuk alasan lomba. Namun, agar suara burung murai batu berkualitas maka perlu perawatan dan latihan yang tepat. Berikut beberapa tips dari kami:

  • Pada saat pagi hari sebaiknya burung dikeluarkan dari rumah supaya mendapat udara pagi.
  • Rutin memandikan burung setiap pagi lalu kemudian dijemur.
  • Burung kicau wajib diberikan makanan berkualitas agar suaranya bagus.
  • Sangat disarankan memberi pakan tambahan seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong serta pakan pelengkap lainnya.
  • Kemudian jangan lupa melatih burung, bisa dengan Mp3 atau dengan burung lain.

Baca: 7 Jenis Burung Kutilang yang Pupuler Bersuara Bagus

 

Burung murai batu medan memang masuk golongan burung kontes yang bagus. Tidak tanggung-tanggung, harga burung ini juga terbilang mahal. Maka dari itu untuk meningkatkan kualitasnya harus diberikan perawatan dan latihan yang sesuai. Apalagi bagi sobat yang hobi mengikuti kontes burung. Itulah pembahasan mengenai ciri murai medan asli, semoga bermanfaat.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *