perawatan ayam bangkok

Perawatan Anak Ayam Bangkok yang Baru Menetas

Perawatan ayam bangkok aduan ketika baru menetas adalah langkah awal dalam memelihara ayam. Seperti yang kita tahu pada fase ini anak ayam begitu lemah dan mudah sekali mati.

Maka dari itu, merawat ayam aduan yang baru saja menetas haruslah teliti. Anak ayam begitu rentan terserang penyakit dan juga perlu tambahan gizi yang cukup.

Poin penting yang perlu sobat perhatikan diantaranya yaitu pakan, kandang, vitamin dan pola perawatan.

Merawat anak ayam tidak bisa kita anggap remeh. Sobat harus tahu bila kondisi fisik anak ayam begitu lemah dan gampang mati.

Lalu saat memisahkan induk ayam dengan anaknya pastikan induk tidak mengalami stres. Induk ayam yang stres akan sulit untuk bertelur kembali.

 

Tips Merawat Ayam Bangkok yang Baru Menetas

Perawatan anak ayam usia dini sangatlah penting agar induk bisa cepat bertelur lagi. Kemudian meminimalkan kematian pada anak ayam. Berikut beberapa tips perawatan:

1. Memisahkan anak ayan dari induk

Ini perlu dilakukan untuk mempermudah proses perawatan anak ayam. Langkah ini sebaiknya dilakukan pada saat ayam baru menetas.

Apabila terlalu lama dikhawatirkan induk ayam justru stres karena kehilangan anak.

 

2. Memandikan induk ayam

Memandikan ayam bangkok betina yang selesai mengeram telur sangat dianjurkan. Kenapa? yakni untuk membersihkan tubuh induk ayam dari kotoran dan kutu.

Ayam yang dimandikan tentu jadi lebih segar, serta tingkat stres nya akan menurun.

 

3. Kandang anak ayam

Kita harus bisa membedakan kandang ayam bangkok sesuai dengan fungsinya. Peternak wajib mempunyai kandang individu, kandang umbaran dan kandang khusus anak ayam.

Untuk anak ayam sobat bisa membuatnya dengan desain rapat. Lalu ukuran bisa disesuaikan dengan jumlah anak ayam.

 

4. Cahaya lampu

Pemasangan lampu pada kandang ayam termasuk hal yang umum dilakukan peternak. Fungsinya untuk penghangat dan alat penerangan.

Dengan adanya lampu anak ayam tidak akan kedinginan. Selain itu mereka bisa aktif saat malam hari untuk makan dan minum. Tentu saja ini dapat mempercepat pertumbuhan ayam bangkok.

 

5. Pakan anak ayam bermutu

Kebutuhan yang wajib terpenuhi adalah pakan. Tapi, makanan diberikan sesuai dengan umur ayam. pemberian pakan bergizi pada ayam dapat meningkatkan kualitasnya. Bagi anak ayam pakan yang paling cocok ialah konsentrat atau voer. Kemudian jangan lupa memberikan air minum secukupnya.

Pakan anak ayam yang bergizi sangat membantu pertumbuhan ayam jadi lebih optimal. Selain itu ayam bangkok bisa mencapai ukuran paling besar.

Makanan ayam bangkok terbaik paling bermutu

 

6. Pengendalian penyakit

Pengendalian penyakit harus diperhatikan guna mencegah kematian pada hewan ternak. Nah pada fase anak ayam baru menetas sangat rawan terserang penyakit. Maka dari itu seorang peternak harus bisa mengatasi persoalan penyakit pada ayam.

Untuk pencegahan sebaiknya berikan vaksin dan vitamin pada anak ayam. Langkah pencegahan jauh lebih baik, jadi jangan sampai ayam sakit baru diberikan obat.

 

7. Kebersihan kandang

Merawat anak ayam memang menuntut seorang peternak harus selalu rajin membersihkan kandang. Pasalnya terkadang akibat tumpahan air minum saja dapat menjadi penyebab ayam sakit.

Maka dari itu sobat harus rutin membersihkan kandang dan pastikan kandang selalu kering. Bila perlu lakukan penyemprotan desinfektan guna mencegah pertumbuhan virus dan bakteri.

 

 

Ketika masa perawatan anak ayam bangkok yang baru menetas memang sedikit rumit. Beberapa tips di atas mungkin saja bisa menjadi petunjuk bagi kalian yang baru belajar memelihara ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *