Hasil Ternak Ayam Bangkok Berukuran Kecil

Alasan Hasil Ternak Ayam Bangkok Berukuran Kecil

Permasalahan hasil ternak ayam bangkok berukuran kecil atau tidak optimal memang sering menimpa para peternak. Tentu saja ini akan sangat merugikan, terutama dari hasil budidaya yang tidak sesuai. Ayam bangkok memiliki ukuran tidak ideal atau bantat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Pasti setiap peternak selalu berharap hasil yang sesuai, namun terkadang semua itu tidak berjalan dengan mulus. Seperti yang kita tahu bahwa ternak ayam bangkok aduan sedikit berbeda dengan ternak ayam pada umumnya.

Dalam hal ini yang menentukan nilai jual ayam ialah kualitas ayam itu sendiri, tidaklah heran karena ayam bangkok termasuk jenis ayam aduan. Jadi wajar saja apabila ayam bangkok berukuran kecil atau nyilet menjadi permasalahan yang serius bagi peternak.

 

Alasan Kenapa Hasil Ternak Ayam Bangkok Berukuran Kecil

Sebagai seorang peternak kita dituntut harus lebih memperhatikan hewan ternak yang dipelihara. Terkadang hal kecil yang dianggap sepele justru bisa mempengaruhi hasil budidaya. Berikut ini beberapa penyebab hasil ternak ayam bangkok berukuran kecil:

1. Faktor Keturunan

Keturunan ayam bangkok tentu saja berasal dari induk dan jago yang kita budidayakan. Sobat perlu tahu bahwa pengaruh keturunan menjadi yang paling utama mempengaruhi bentuk tubuh maupun ukuran ayam. Memilih induk memang tidak mudah, selain ukuran sobat juga harus melihat kualitas bertarung ayam. Tujuannya agar hasil ternak tidak mengecewakan.

 

2. Makanan Tidak Sesuai

Penyebab ayam berukuran kecil salah satunya disebabkan karena makanan yang diberikan tidak sesuai. Kebanyakan peternak sering melakukan kesalahan dalam pemberian pakan, mulai dari jenis makanan, waktu ransum dan bahkan tidak paham kombinasi pakan yang bagus untuk ayam bangkok. Saat memelihara ayam bangkok maka makanan yang diberikan harus berdasarkan umur ayam, misal anak ayam diberikan konsentrat, kemudian ayam dewasa diberikan jagung, beras merah dan pakan lainnya.

 

3. Terserang Penyakit

Pertumbuhan pada ayam akan terhambat apabila dia terserang penyakit, apalagi bagi ayam yang masih muda. Ada berbagai macam penyakit dan virus yang kemungkinan bisa menyerang unggas. Jadi sebaiknya sobat perhatikan mengenai kesehatan ayam. Maka dari itu pemberian vaksin dan vitamin jangan sampai diabaikan.

 

4. Akibat Persaingan Kandang

Secara tidak sadar ternyata di dalam kandang terjadi persaingan untuk bertahan hidup, apalagi untuk ayam yang diletakkan pada kandang yang sama. Biasanya ini akan terjadi diantara anak ayam muda yang di tempatkan pada satu kandang. Mereka akan saling berebut makanan sehingga ada sebagian yang kekurangan makanan.

Waspada, Pemicu Gaya Bertarung Ayam Aduan Jadi Berubah

 

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab yang bisa mempengaruhi hasil ternak ayam bangkok berukuran kecil. Tapi beberapa poin yang disebutkan di atas adalah gejala yang paling sering menjadi pemicu. Jadi untuk kedepannya kita harus lebih teliti terhadap ayam kesayangan kita agar pertumbuhan ayam lebih optimal.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *